CITRA OPRAH WINFREY DALAM EDITORIAL MAJALAH O

ESTER YULINDA CESYLIA AMALO, . (2011) CITRA OPRAH WINFREY DALAM EDITORIAL MAJALAH O. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi_softcopy.pdf

Download (261kB)
[img] Text
Appendixes _softcopy.pdf

Download (190kB)

Abstract

Skripsi ini menyajikan suatu hasil analisis teks dari editorial majalah O yang bertujuan untuk mengungkapkan citra Oprah Winfrey. Penulis memusatkan teks analisis pada kata, klausa, dan kalimat dalam editorial majalah O berjudul Here We Go!. Penulis menggunakan model analisis teks dari Fairclough untuk mendeskripsikan penggambaran, hubungan, dan identitas Oprah Winfrey dengan pembaca. Hasil penelitian ini menunjukkan tujuan Oprah Winfrey menulis editorial majalah O untuk memimpin, membagikan, dan menginspirasi para pembaca agar menjadi wanita yang lebih baik dan hidup dalam kehidupan terbaik mereka. Oprah Winfrey menggambarkan wanita karier yang sehat dan mapan dalam usianya. Hubungan yang terbentuk antara Oprah dan pembaca adalah dekat dan tidak resmi. Identitas Oprah Winfrey dalam editorial adalah sangat kompleks. Dalam kapasitasnya sebagai pendiri dan pemimpin majalah O, ia adalah tokoh yang memimpin pokok pembicaraan dalam majalah O. Sementara itu, ia juga menempatkan dirinya sebagai ‘orang biasa’ yang sejajar dengan para pembaca. Dalam majalah O, Oprah Winfrey menunjukkan usahanya untuk membentuk citra yang positif, dengan tujuan dapat meningkatkan citra dirinya di depan para pembaca. Hal ini mengarahkan pada usaha untuk ‘mempertinggi’ citra Oprah Winfrey melalui media. Pembaca majalah O dapat terpengaruh dengan citra Oprah Winfrey yang positif dalam tindakan ataupun emosi sehingga mereka menjadikan Oprah Winfrey sebagai tokoh yang mereka kagumi sekaligus sahabat. This study presents a textual analysis in order to reveal the image of Oprah Winfrey in O, The Oprah Magazine’s editorials in O magazine with the title, Here We Go!. The writer uses the textual analysis Fairclough’s theory Winfrey to describe the representation, relation, and identity of Oprah Winfrey and the readers. Winfrey wrote O magazine’s editorials in order to lead, to share, and to inspire the readers to be better women and get their best lives. These editorials show Oprah Winfrey as the leader and inspiring person who represent a career, healthy, and wealthy woman in her age. The relation that set up between Oprah Winfrey and the readers is close and informal. Winfrey prefers to use informal structure than formal one to press the gap between her and the readers. The identity of Oprah Winfrey is very complex. In her capacity as founder and editorial director who controls the topic in O magazine, she also tries to project herself as an ‘ordinary person’, like the readers. This is showing the effort of Oprah Winfrey to enhance her image through the magazine. It is referred to effort of ‘credit’ the image of Oprah Winfrey. This effort can influence the readers in doing and emotion to make Oprah Winfrey as their role model as well as their friend.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: Hasnini Hasra, M. Hum
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 27 Jun 2022 01:22
Last Modified: 27 Jun 2022 01:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30749

Actions (login required)

View Item View Item