ROSSY CHRISTINE, . (2011) PEMBELAJARAN GAMELAN BALI UNTUK ORANG ASING DI JAKARTA JAPAN CLUB-JAPAN FOUNDATION. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ROSSY CHRISTINE.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran Gamelan Bali untuk orang asing. Penelitian ini difokuskan kepada orang Jepang yang belajar Gamelan Bali di Jakarta Japan Club-Japan Foundation dengan menggunakan media partitur/notasi Bali atau simbol nada Bali. Penelitian ini dilakukan di Jakarta Japan Club-Balai Karya Pondok Jaya Jakarta Selatan dari bulan Maret sampai bulan Juni 2011. Objek dalam penelitian ini adalah Gamelan Bali untuk orang Jepang, khususnya Gamelan Gong Kebyar. Observasi yang dilakukan adalah observasi langsung saat berlangsungnya kegiatan latihan Grup Gamelan Bali Swa Gita Pertiwi di Jakarta Japan Club. Wawancara dilakukan kepada informan kunci sekaligus pelatih Gamelan Bali di Jakarta Japan Club, dan beberapa anggota Grup Gamelan Bali Swa Gita Pertiwi yang merupakan orang Jepang. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik diskursus yaitu melalui pernyataan dari ahli. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Gamelan Bali untuk orang asing yang dikhususkan bagi orang Jepang menggunakan media partitur/notasi Bali atau simbol nada Bali cukup efektif karena berdasarkan pengamatan, orang Jepang lebih terbiasa dengan melihat apa yang dimainkan dibanding hanya mendengar ataupun menirukan. Selain dapat dipelajari di rumah, melalui notasi Bali, mereka dapat mengingat lagu yang telah dipelajari atau menjadi dokumen pribadi. Dalam pembelajarannya, metode untuk belajar Gamelan Bali tetap dilakukan oleh pelatih yaitu miarse atau meguru kuping (teknik mendengar) dan meguru panggul (teknik memperhatikan guru dan mempraktekkan), dan ditambah dengan media yaitu menggunakan partitur/notasi Bali atau simbol nada Bali. Media ini dapat diterima dan mempermudah orang Jepang untuk belajar memainkan Gamelan Bali. This research aims to determine about the study method of Gamelan Bali that the foreigner used. This research focused on Japanese people who learned Gamelan Bali in Jakarta Japan Club-Japan Foundation which using the media of Bali notation or scores. Research was conducted in Jakarta Japan Club-Balai Karya Pondok Jaya, South Jakarta from March to June 2011. Objects in this research is the Gamelan for Japanese. Observations made during the direct observation of training activities of Group Balinese Gamelan Swa Gita Pertiwi in Jakarta Japan Club. The interview conducted by the main person include the instructor of Balinese Gamelan in Jakarta Japan Club, and several members of the Group Balinese Gamelan Swa Gita Pertiwi, which the Japanese. The obtained data were analyzed using techniques of speech or descriptive analytical study which is through the statements of experts. Based on the research, have shown that teaching of Gamelan Bali for foreigners, specifically for the Japanese, using scores or Bali notation is quiet effective, because it is based on observations, the Japanese are more accustomed to seeing what the play is, and not just hear, or peredraznil. They can also study at home, through the assessment, which can remember the songs that have been learned or turn into personal documents. Once a player does not bring the scores, it will be difficult, because it does not memorize. In learning, those three methods of learning Gamelan Bali is still done by the instructor which is miarse or meguru kuping (listening techniques) and meguru panggul (paying attention on what the instructor do, to technique and practice), and add a media that uses a scores/Bali notation or note Bali symbol. This media is more efficient and easier for the Japanese people to learn how to play Gamelan Bali.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Drs. I.B Ketut Sudiasa,M.Sn 2) Dra.Lucy Martiati Nasution,M.Pd |
Subjects: | Seni Musik > Musik |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 27 Jun 2022 01:38 |
Last Modified: | 27 Jun 2022 01:38 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30755 |
Actions (login required)
View Item |