RELASI GRAMATIKAL DALAM NOVEL DALAM MIHRAB CINTA KARYA HABIBURAHMAN EL SHIRAZY DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP

FATIMAH NURUL HASANAH, . (2011) RELASI GRAMATIKAL DALAM NOVEL DALAM MIHRAB CINTA KARYA HABIBURAHMAN EL SHIRAZY DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
PATIMAH NURUL HASANAH.pdf

Download (657kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya penggunaan relasi gramatikal dalam novel Dalam Mihrab Cinta. Penelitian ini dilaksanakan pada januari 2011 sampai Juli 2011. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis isi. Fokus penelitian ini yaitu penggunaan relasi gramatikal pada novel Dalam Mihrab Cinta. Fokus penelitian ini yaitu penggunaan relasi gramatikal pada novel Dalam Mihrab Cinta. Instrument dalam penelitian ini yaitu peneliti sendiri yang dibantu dengan tabel analisis data yakni relasi graamatikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa relasi gramatikal pada novel Dalam Mihrab Cinta berdasarkan inti klausa verbal, klausa verbal, kalimat transitif ditemukan, kalimat bitransitif ditemukan, kalimat intransitif, kalimat aktif ditemukan, kalimat pasif, kalimat dinamis, dan kalimat statis, serta relasi gramatikal sintagmatik. Berdasarkan pembahasan dan analisis diperoleh pemahaman bahwa relasi gramatikal yang terdapat dalam novel Dalam Mihrab Cinta memiliki kecenderungan untuk menggunakan kalimat yang berpredikat verbal dengan tipe kalimat transitif serta relasi gramatikal sintagmatik. Hal ini dikarenakan novel Dalam Mihrab Cinta merupakan novel yang bertemakan percintaan dan perjuangan seorang pencuri yang mencari jalan kebaikan. Oleh karena itu, novel ini banyak menjelaskan tentang kehidupan di sebuah pesantren. Bagaimana sistem pengajaran di sebuah pesantren. Dari dua jenis relasi gramatikal yang diteliti, relasi gramatikal sintagmatik tidak ditemukan dalam penelitian ini. Karena kalimat yang ada dalam novel adalah kalimat yang bertipe subjek-predikat-objek, maka yang dikaji hanyalah relasi gramatikalnya atau relasi antara subjek-predikat-objek langsung. Hasil penelitian penggunaan relasi gramatikal dalam novel Dalam Mihrab Cinta yang dianalisis dalam penelitian ini sebanyak enam bab. Dari enam bab tersebut terdapat 241 kalimat. Dari 241 kalimat tersebut dapat diuraikan sebagai berikut: berdasarkan inti klausa verbal ditemukan 168 data (83,6 %), klausa non verbal ditemukan 33 data (16,4%), kalimat transitif ditemukan 65 data (49,03%), kalimat bitransitif ditemukan 34 data (25,7%), kalimat intransitif ditemukan 3 data (2,3%), kalimat aktif ditemukan 1 data (0,75%), kalimat pasif ditemukan 1 data (0,75%), kalimat dinamis ditemukan 16 data (12,2 %), dan kalimat statis ditemukan 12 data (9 %). Relasi sintagmatik secara keseluruhan ditemukan 177 data (100%). Dari keseluruhan relasi gramatikal dalam penelitian ini terlihat bahwa kalimat berpredikat verbal dan jenis kalimat transitif paling banyak digunakan dalam novel Dalam Mihrab Cinta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. H. Achmad H.P 2) Dra. Sintowati Rini Utami, M. Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 27 Jun 2022 01:48
Last Modified: 27 Jun 2022 01:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30759

Actions (login required)

View Item View Item