Ambiguitas Judul Berita Surat Kabar Seputar Indonesia dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Kalimat Efektif Siswa Kelas VII SMP

SETYARINI EKA PUTRI, . (2011) Ambiguitas Judul Berita Surat Kabar Seputar Indonesia dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Kalimat Efektif Siswa Kelas VII SMP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SETYARINI EKA PUTRI.pdf

Download (307kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh pengetahuan tentang jenis-jenis ambiguitas yang terdapat pada judul berita surat kabar Seputar Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan di Jakarta mulai dari Januari hingga Juni 2011. Objek penelitian ini berupa judul berita yang terdapat pada surat kabar Seputar Indonesia periode Januari hingga April 2011. Pertimbangan pemilihan empat bulan tersebut berdasarkan perhitungan sepertiga dari satu tahun. Dari empat bulan tersebut, dipilih empat puluh hari secara acak berdasarkan perhitungan sepertiga dari 120 hari. Penelitian ini difokuskan pada jenis-jenis ambigu dalam judul berita. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu dengan tabel analisis. Hasil penelitian terhadap 40 edisi surat kabar Seputar Indonesia yang dijadikan objek penelitian ditemukan bahwa ada 83 judul berita yang memiliki makna ambigu. Judul-judul ambigu tersebut dikaji berdasarkan jenis-jenis ambigu berupa: ambiguitas tingkat fonetik, ambigitas tingkat gramatikal, dan ambiguitas tingkat leksikal. Pada ambiguitas tingkat gramatikal, ambigu dibagi menjadi: (1) berdasarkan pembentukan kata, (2) berdasarkan frase yang mirip, dan (3) berdasarkan konteks. Sementara itu, untuk ambiguitas tingkat leksikal dibagi menjadi: (1) polisemi, dan (2) homonimi. Dari data penelitian ditemukan hasil sebagai berikut: (1) ambiguitas tingkat fonetik, sebanyak 19 judul berita ambigu, (2) ambiguitas tingkat gramatikal, sebanyak 36 judul berita ambigu, dan (3) ambiguitas tingkat leksikal, sebanyak 28 judul berita ambigu. Adapun perincian terhadap ambiguitas tingkat gramatikal di antaranya: (1) berdasarkan pembentukan kata, sebanyak 3 judul berita ambigu, (2) berdasarkan frase yang mirip, sebanyak 29 judul berita ambigu, dan (3) berdasarkan konteks, sebanyak 4 judul berita ambigu. Sementara itu, perincian terhadap ambiguitas tingkat leksikal adalah: (1) polisemi, sebanyak 17 judul berita ambigu, dan (2) homonimi, sebanyak 11 judul berita ambigu. Dari penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa jenis ambiguitas berdasarakan frase yang mirip merupakan jenis ambiguitas yang paling banyak terdapat pada judul berita surat kabar Seputar Indonesia. Adapun judul-judul ambigu yang ditemukan dalam penelitian ini kiranya dapat dijadikan sebagai salah satu sumber meteri dalam mengajarkan ambiguitas sebagai penghambat kalimat efektif di SMP.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. H. Achmad HP 2) N. Lia Marliana, M. Phil. Ling
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 27 Jun 2022 01:56
Last Modified: 27 Jun 2022 01:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30762

Actions (login required)

View Item View Item