THE LEARNING OBJECTIVES FOR EFL CLASSES: A CASE STUDY IN THREE SECONDARY SCHOOLS IN JAKARTA

SHANTY SEPTYANINGSIH, . (2011) THE LEARNING OBJECTIVES FOR EFL CLASSES: A CASE STUDY IN THREE SECONDARY SCHOOLS IN JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SHANTY SEPTYANINGSIH.pdf

Download (101kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji indikator pembelajaran untuk pemelajran bahasa Inggris sebagai bahasa asing yang dinyatakan pada Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan pembelajaran dalam kelas. Indikator pembelajaran diklasifikasikan berdasarkan jenis indikator pembelajaran bahasa seperti yang tercermin dalam target pembelajaran bahasa dan bukan bahasa oleh Richards (2001). Target pembelajaran bukan bahasa diasumsikan menyediakan lingkungan yang lebih bermakna dalam pembelajaran bahasa. Dibawah target pembelajaran bukan bahasa, terdapat lima ideologi kurikulum (rasionalisme akademik, keefektifan sosial dan ekonomi, siswa sebagai pusat pembelajaran, rekonstruksi sosial, dan keanekaragaman budaya) untuk dirujuk. Dari teori tersebut, pengklasifikasian dikembangkan menjadi berdasarkan pengembangan kompetensi, penguasaan pokok bahasan, penguasaan kebahasaan, dan strategi belajar. Pengkajian didasarkan pada indikator pembelajaran yang disebutkan pada RPP dan dinyatakan dalam kelas. Wawancara dilakukan kejelasan kajian. Berdasarkan klasifikasi, telah ditemukan bahwa sebagian besar indikator pembelajaran mengacu kepada penguasaan kebahasaan, beberapa dari indikator pembelajaran tersebut mengacu pada pengembangan kompetensi berbahasa, sedikit yang mengacu pada penguasaan pokok bahasan. Hal ini menyiratkan bahwa pembelajaran pada tingkat menengah lebih berorientasi pada penguasaan kebahasaan dan tidak ada yang didasarkan pada strategi belajar. Pada kasus ini, implikasi dari indikator pembelajaran yang disebutkan pada RPP dan pengajaran di kelas menunjukkan bahwa guru-guru tersebut masih lebih banyak mengacu pada penguasaan kebahasaan walaupun pengembangan kompetensi berbahasa dan penguasaan pokok bahasan dilibatkan dalam beberapa bagian. This study was meant to review the learning objectives for English as Foreign Language (EFL) classes stated in lesson plans and classroom teaching. The learning objectives were classified based on the kinds of learning objectives reflected from Richards’ (2001) language and non-language outcomes. The non-language outcome was assumed to provide more meaningful environment in language learning. Under the non�language outcomes, there were five curriculum ideologies (academic rationalism, social and economic efficiency, learner-centeredness, social reconstructionalism, and cultural pluralism) to refer. From the theories, the classification was developed into competency, content, language and learning strategies based. In this study, the review was based on the learning objectives stated in lesson plans and classroom teaching. The interviews were conducted to clarify the review. Based on classification, it was found that the most of learning objectives referred to language based. It was implied that language learning in secondary schools in Jakarta was mostly oriented to language-based learning. In this case, the implications of learning objectives in the classroom teaching indicated that the teachers mostly still referred to language based even though the competency and content based were involved in certain parts of teaching.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Sri Sumarni, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 27 Jun 2022 02:07
Last Modified: 27 Jun 2022 02:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30764

Actions (login required)

View Item View Item