CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI TARI PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KETERAMP ILAN SISWA KELAS IV SDN PALMERAH 05 PAGI JAKARTA BARAT

HALIMAH NURHAQI, . (2011) CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI TARI PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA KETERAMP ILAN SISWA KELAS IV SDN PALMERAH 05 PAGI JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Halimah Nurhaqi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini, hasil belajar Seni Tari siswa kelas IV pada mata pelajaran Seni Budaya Keterampilan rendah. Siswa dalam mengapresiasikan karya Seni Tari Nusantara belum optimal. Guru belum menggunakan metode pembelajaran terstruktur dan sistematis. Pada pembelajaran Seni Tari guru belum menggunakan model pembelajaran yang sesuai. Hal tersebut yang melatarbelakangi penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Seni Tari pada mata pelajaran Seni Budaya Keterampilan siswa kelas IV SDN Palmerah 05 Pagi Jakarta Barat dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Penelitian dilaksanakan selama 6 bulan sejak bulan Februari sampai bulan Juli 2011. Dengan subjek siswa kelas IV. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Desain yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc Taggart dengan sistem spiral dimulai dari rencana, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan 2 siklus, melibatkan 2 orang guru sebagai kolaborator. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi proses dan hasil dari pembelajaran, serta teknik wawancara. Analisis data dilakukan dengan langkah menelaah seluruh data dari berbagai sumber, kemudian mereduksi data, langkah selanjutnya mengkategorisasikan, dan langkah terakhir adalah pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian pada siklus 1 kemampuan pengatahuan dasar tari 78,03, kemampuan pengamatan tari 78,88, kemampuan membuat laporan pengamatan tari 63,13. Pada siklus 2 setelah diberikan perlakuan terdapat peningkatan kemampuan siswa dalam membuat laporan pengamatan tari yaitu 76,37.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Dwi Kusumawardani, M.Pd 2) Tuteng Suwandi, S.Kar, M.Pd
Subjects: Kesenian > Seni Tari
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Tari
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 27 Jun 2022 02:35
Last Modified: 27 Jun 2022 02:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30770

Actions (login required)

View Item View Item