Nilai‐nilai Moral dalam 20 Cerpen Indonesia Terbaik 2009 dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra di SMA (Suatu Kajian Humanisme).

TEGUH INDRIAWAN, . (2011) Nilai‐nilai Moral dalam 20 Cerpen Indonesia Terbaik 2009 dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra di SMA (Suatu Kajian Humanisme). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI TEGUH INDRIAWAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengungkapkan nilai‐nilai moral dalam Dua Puluh Cerpen Indonesia Terbaik 2009. Penelitian ini dilaksanakan di Jakarta, dimulai pada bulan September 2010 sampai dengan Januari 2011. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik analisis isi. Fokus penelitian ini adalah nilai‐nilai moral berupa sikap berbuat baik, keadilan, hormat terhadap diri sendiri, tanggung jawab, dan immoral yang terdapat dalam klausa, kalimat, atau paragraf. Objek penelitian ini adalah sepuluh cerpen yang terdapat dalam 20 Cerpen Indonesia Terbaik 2009. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu dengan tabel analisis. Teknik analisis data dilakukan dengan cara menganalisis data dalam tabel klasifikasi yang mengandung nilai‐nilai moral. Dalam penelitian ini, ditemukan nilai moral berbuat baik, keadilan, hormat terhadap diri sendiri, tanggung jawab, dan immoral. Nilai moral yang paling banyak ditemukan dalam penelitian ini adalah nilai moral berbuat baik, sedangkan nilai moral yang paling sedikit ditemukan adalah nilai moral keadilan. Secara keseluruhan Dua Puluh Cerpen Indonesia Terbaik 2009 mengandung nilai moral (nilai baik ) yang lebih banyak dibandingkan dengan nilai immoral (nilai buruk). Hasil penelitian ini berimplikasi bagi guru Bahasa Indonesia dan siswa di SMA. Implikasi bagi guru, yaitu guru dapat mengajarkan nilai-nilai moral melalui cerpen. Implikasi bagi siswa, yaitu semakin banyak cerpen yang mengandung nilai-nilai moral dibaca oleh siswa, maka karakter siswa dapat terbentuk menjadi lebih moralis. Dengan mengapresiasi sastra, maka siswa mampu menikmati, menghayati, dan memanfaatkan karya sastra untuk mengembangkan kepribadian, meningkatkan pengetahuan, dan kemampuan berbahasa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Kinayati Djojosuroto, M.Pd. 2) Dra. Sri Suhita, M. Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 27 Jun 2022 02:38
Last Modified: 27 Jun 2022 02:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30775

Actions (login required)

View Item View Item