NILAI RELIGI AQIDAH DALAM KUMPULAN CERPEN “PERLIHATKAN PADAKU ALLOH” KARYA TAUFIK AL HAKIM DAN IMPLIKASINYA DALAM PENGAJARAN ANALISIS SASTRA PADA JURUSAN BAHASA DAN SASTRA ARAB UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

UMMU FARAH AZ ZAHRAH, . (2011) NILAI RELIGI AQIDAH DALAM KUMPULAN CERPEN “PERLIHATKAN PADAKU ALLOH” KARYA TAUFIK AL HAKIM DAN IMPLIKASINYA DALAM PENGAJARAN ANALISIS SASTRA PADA JURUSAN BAHASA DAN SASTRA ARAB UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Ummu Farah (Bahasa Arab UNJ).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi yang jelas tentang Nilai Religi Aqidah yang terdapat dalam Kumpulan Cerpen “Perlihatkan Padaku Alloh” karya Taufik Al Hakim agar hasilnya dapat diimplikasikan ke dalam pengajaran Analisis Sastra bagi mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab, Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan analisis isi. Penelitian ini difokuskan pada Nilai Religi khususnya nilai-nilai Aqidah yang terdapat dalam Kumpulan Cerpen ”Perlihatkan Padaku Alloh” karya Taufik Al Hakim. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan dibantu oleh tabel klasifikasi yang berisikan lima nilai aqidah yaitu Iman, Ikhlas, Taat, Sabar, dan Ibadah. Dari hasil penelitian dalam Kumpulan Cerpen ”Perlihatkan Padaku Alloh” karya Taufik Al Hakim diketahui bahwa terdapat 15 nilai Iman (34%), 7 nilai Keikhlasan (15,9%), 5 nilai Ketaatan (11,4%), 9 nilai Kesabaran (20,5%), dan 8 nilai Ibadah (18,2%). Implikasi dari penelitian ini terhadap pengajaran Analisis Sastra yaitu menjadikan Kumpulan Cerpen ”Perlihatkan Padaku Alloh” karya Taufik Al Hakim sebagai salah satu bahan pengajaran Analisis Sastra khususnya dalam pengajaran analisis prosa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Zuriyati, M.Pd 2) Shafruddin Tajuddin, M.A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 27 Jun 2022 02:49
Last Modified: 27 Jun 2022 02:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30779

Actions (login required)

View Item View Item