Learning Materials Used in Speaking 3 Classes (A Study at English Department of Jakarta State University)

VINDA OCTAVIA PUTRI, . (2011) Learning Materials Used in Speaking 3 Classes (A Study at English Department of Jakarta State University). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
final bgd (Revision).pdf

Download (589kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menginvestigasi bagaimana penggunaan materi pembelajaran pada mata kuliah Speaking 3 dan mengidentifikasi kesesuaian materi pembelajaran dikelas speaking 3 dengan materi yang ada diSAP speaking 3 dan juga dikaitkan dengan tingkat berpikir mahasiswa JBSI yang sedang belajar bahasa asing (foreign language learning) pada mata kuliah Speaking 3 dan pelaksanaan pembelajaran mandiri. Masalah dalam penelitian ini dibagi menjadi masalah utama dan sub-masalah; masalah utama penelitian ini adalah bagaimana penggunaan materi pembelajar dikelas Speaking 3? Dan yang menjadi sub topic adalah sejauh mana kesesuain antara materi pembelajaran dikelas speaking 3 dengan tingkatan berpikir mahasiswa JBSI yang sedang belajar bahasa asing (foreign language learning) pada mata kuliah Speaking 3 dan pelaksanaan pembelajaran mandiri. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris UNJ. Data penelitian diambil dengan melakukan observasi di 6kelas parallel speaking 3, memberikan kuesioner kepada 52 mahasiswa dan juga mewawancara dosen dan mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah Speaking 3. Data yang berasal dari observasi dan interview diolah secara kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan kuesioner diolah secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi utama dikelas speaking 3 adalah presentasi dan diskusi model. Materi ini diterapkan didalam kelas speaking 3 dengan cara mendorong mahasiswa dikelas speaking 3 untuk mempresentasikan tentang suatu topic dan mendiskusikannya dengan cara memberi komentar. Namun sayangnya materi tersebut kurang diekplorasi secara optimal sehingga materi tersebut kurang menstimulasi tingkatan berpikir mahasiswa sampai pada tahap yang diharapkan. Sebagai tambahan materi dikelas seharusnya bisa lebih bervariasi tidak melulu presentasi dan diskusi model. This study aimed at analyzing the learning materials in the Speaking 3 classes and The college problems of this study were divided into main problem and sub�problems; the main problem are how are learning resources and materials used in speaking 3 classes?. The sub-problem are to what extent do the learning materials in Speaking 3 classes fit the expected college students’ level of thinking? And to what extent do the learning materials in Speaking 3 classes fit the expected autonomous learning?.This study was conducted in English Department of UNJ. The data were collected by observing Speaking 3 classes, giving questionnaire to 52 students who was studying the speaking 3 subject and interviewing the lecturer and the students in Speaking 3 class. The data from the observation and interview were analyzed qualitatively and quantitatively. Meanwhile, the data from questionnaire was analyzed by quantitatively. The result of the study showed that dominant materials in the speaking 3 classes were presentation and discussion models. These materials were implemented in the class by encouraging the students did the presentation and discussed through giving the comments. Unfortunately, those materials were not explored optimally so that the materials did not stimulate the students’ level of thinking fit the expected. In addition, there were more variant in dominant materials. Since the dominant materials in speaking 3 classes were monotonous.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr.Ratna Dewanti, M. Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 27 Jun 2022 04:11
Last Modified: 27 Jun 2022 04:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30785

Actions (login required)

View Item View Item