EKSISTENSI MUSIK TRADISIONAL DODOD ANGKLUNG (BUHUN) DI KAMPUNG PAMATANG DESA MEKARWANGI KECAMATAN SAKETI KABUPATEN PANDEGLANG PROVINSI BANTEN

WIWIN SUHAYATI, . (2011) EKSISTENSI MUSIK TRADISIONAL DODOD ANGKLUNG (BUHUN) DI KAMPUNG PAMATANG DESA MEKARWANGI KECAMATAN SAKETI KABUPATEN PANDEGLANG PROVINSI BANTEN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
WIWIN SUHAYATI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana Eksistensi Musik Tradisional Dodod Angklung Buhun di Desa Mekarwangi dari tahun 1858 hingga saat ini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Deskriptif Kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dokumentasi, dan kepustakaan. Tempat penelitian di Desa Mekarwangi Pandeglang. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Januari 2011 sampai bulan Juni 2011. Objek penelitian adalah Grup Kesenian Dodod Angklung dan warga desa Mekarwangi. Hasil penelitian, dalam penelitian ini dijelaskan dari mulai sejarah Musik Tradisional Dodod Angklung (Buhun) didesa Mekarwangi. Musik Tradisional Dodod Angklung (Buhun) lahir pada tahun 1858 yang mengandung makna dan simbol di desa Mekarwangi pada pelaksanaan upacara ritual, saat memulai penanaman padi dan saat memanen padi. Dodod yang berarti Dadasar merupakan kesenian yang tumbuh dan berkembang di desa Mekarwangi juga merupakan warisan budaya daerah Mekarwangi, dan menjadi ciri khas desa Mekarwangi. Dulu Musik Tradisional Dodod Angklung Buhun dimainkan pada waktu-waktu tertentu yang berkaitan dengan pertanian seperti acara Tatanen (saat awal penanaman padi dan saat panen), Rasulan (kegitan menurunkan hasil panen dari Leuit/Lumbung padi, kemudian melaksanakan Rasul tahun tingkat desa berupa syukuran atas hasil panen yang didapat, acaranya setiap 1 tahun sekali), dan Ngalaksa (hampir sama dengan Rasulan hanya bedanya Ngalaksa lebih luas dan acaranya 10 tahun sekali). Seiring dengan berkembangnya jaman, fungsi seni bertambah menjadi seni pertunjukan rakyat, dimainkan pada acara PHBI (Perayaan Hari Besar Islam), PHBN (Perayaan Hari Besar Nasional), walimatul aurusy (pernikahan), walimatul khitan (khitanan).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Tuteng Suwandi, S.Kar., M.Pd. 2) Dra. Sri Hermawati, M.Pd.
Subjects: Seni Musik > Musik
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Seni Musik
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 27 Jun 2022 04:16
Last Modified: 27 Jun 2022 04:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30786

Actions (login required)

View Item View Item