PENGARUH SELF-REGULATION TERHADAP PROBLEM FOCUSED COPING MENGHADAPI STRES AKADEMIK DALAM MENYUSUN SKRIPSI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

ILHAM PUTRA PRADANA, . (2019) PENGARUH SELF-REGULATION TERHADAP PROBLEM FOCUSED COPING MENGHADAPI STRES AKADEMIK DALAM MENYUSUN SKRIPSI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1125151229_Ilham Putra Pradana_PENGARUH SELF-REGULATION¬ TERHADAP PROBLEM FOCUSED COPING MENGHADAPI STRES AKADEMIK DALAM ~1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh self-regulation terhadap problem focused coping menghadapi stres akademik dalam menyusun skripsi pada mahasiswa Universitas Negeri Jakarta, dan juga mengetahui seberapa besar pengaruhnya apabila ada. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Negeri Jakarta yang sedang menyusun skripsi. Sampel pada penelitian ini berjumlah 129 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis data, terdapat pengaruh self-regulation terhadap problem focused coping sebesar 21,9%. Hubungan tersebut arahnya adalah positif atau searah yang mengartikan bahwa, apabila self-regulation naik, maka problem focused coping akan naik. Problem focused coping mengakibatkan mahasiswa dapat menghadapi stres akademik yang ditimbulkan saat mengerjakan skripsi, sehingga mahasiswa yang mengerjakan skripsi perlu memiliki self-regulation agar dapat meningkatkan kemampuan problem focused coping.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Vinna Ramadhany Sy, M.Psi. ; 2). Dwi Kencana Wulan, M.Psi.
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FPP > S1 Psikologi
Depositing User: Users 212 not found.
Date Deposited: 03 Feb 2020 14:26
Last Modified: 03 Feb 2020 14:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3080

Actions (login required)

View Item View Item