FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN BERWIRAUSAHA SALON KECANTIKAN DENGAN SISTEM FRANCHISE (WARALABA)

YESSI KOMALA SARI, . (2012) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN BERWIRAUSAHA SALON KECANTIKAN DENGAN SISTEM FRANCHISE (WARALABA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI YESSI KESELURUHAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan wirausaha salon kecantikan dengan sistem franchise (waralaba). Penelitian ini dilakukan 3 salon Rudy Hadysuwarno untuk wawancara serta pengambilan data kuesioner di 15 cabang Rudy Hadysuwarno dengan sistem franchise yang berada di wilayah Jakarta. waktu pelaksanaan penelitian dilakukan mulai bulan MAi 2011 sampai dengan bulan juni 2011. Penelitian ini memakai cara survei dengan menggunakan deskriptif kualitatif. populasi pada penelitian ini adalah pemilik salon kecantikan. Populasi salon kecantikan itu mempunyai ciri yaitu yang memakai sitem franchice yaitu salon kecantikan Rudy Hadysuwarno yang terletak di wilayah Jakarta. Antara lain : Bintaro Plaza-Bintaro, Tebet�Jakarta Pusat, City Loft-Jakarta Selatan. Sampel yang dipergunakan sebanyak 15 salon dengan sistem franchise dari populasi yang ada. Instrumen yang digunakan adalah survei menggunakan penyebaran kuesiner dan wawancara yang pertanyaannya dari kisi-kisi instrumens. Setelah data didapat melalui kuesioner dan wawancara data diolah secara persentasi hasil. Setalah hasil persentase dihasilkan maka setiap sub indikator akan dianalisis dengan menggunakan analisis data. Dari 15 sub indikator telah diperoleh hasil yaitu hasil penelitian diketahui bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi wirausaha salon kecantikan dengan sistem franchise (waralaba). Bahwa faktor SDM, dari hasil penelitian diperoleh data-data sebesar 64,2 %. Faktor produk, dari hasil penelitian diperoleh rata-rata data sebesar 53,3 %. Faktor promosi, dari penelitian diperoleh rata-rata data sebesar 64,4 %. Faktor fasilitas dari hasil penelitian diperoleh rata-rata 60,4 %. Jadi kesimpulannya faktor yang paling berpengaruh terhadap keberhasilan salon kecantikan dengan menggunakan sistem frachise adalah promosi. This study aims to determine what factors affect the success of entrepreneurial beauty salon franchise system (franchisees). This study conducted three rudy hadysuwarno salon for an interview and questionnaire data retrieval in 15 branches Rudy Hadysuwarno with franchise systems that are in the Jakarta area. execution time of the study started in Mai 2011 to June 2011. This study used the method of using a descriptive qualitative surveys. population in this study is the owner of a beauty salon. population that has a beauty salon that is characteristic of a system using franchice namely Rudy Hadysuwarno beauty salon located in the Jakarta area. Among others: Bintaro Plaza-Bintaro, Tevet-Central Jakarta, South Jakarta City Loft-. Samples are used as many as 15 salon franchise system from the existing population. The instrument used was a survey using the spread kuesiner and interviews that the question of lattice Instrumens. After the data obtained through questionnaires and interviews in the percentage of data processed. After the resulting percentage of each sub-indicator will be analyzed using data analysis. The 15 sub-indicators have obtained the results of the survey results revealed that the factors that influence entrepreneurial beauty salon franchise system (franchisees). That the HR factor, the results of research on data obtained at 64.2%. Product of factors, from the research results obtained above the average data of 53.3%. Promotion factors, from the research above the average data obtained 64.4%. Factor obtained from the research facility an average of 60.4%. So the conclusion of the most influential factor to the success of a beauty salon using frachise system is promotion.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Lilis Jubaedah, M.Kes, 2) Sri Irtawidjajanti, M.Pd,
Subjects: Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga
Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 27 Jun 2022 20:43
Last Modified: 27 Jun 2022 20:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30800

Actions (login required)

View Item View Item