PENGARUH METODE SNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 151 JAKARTA UTARA

JUWITA ROULY, . (2011) PENGARUH METODE SNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 151 JAKARTA UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Abstrak Juju.pdf

Download (81kB)
[img] Text
Bab V Juju.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB I Revisi.pdf

Download (36kB)
[img] Text
BAB III Revisiku.pdf

Download (839kB)
[img] Text
BAB II Revisi.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB IV Juju Revisi AHP.pdf

Download (24MB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (51kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (19kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (15kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh metode Snowball Throwing terhadap kemampuan menyimak berita siswa kelas VIII SMPN 151 Jakarta Utara. Penelitian ini dilakukan di SMPN 151 Jakarta utara. Waktu penelitian adalah semester genap tahun ajaran 2010/2011, pada bulan Mei - Juni 2011. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain randomized control group pretest-posttest design, dengan dua kelas sebagai sampel, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif dan tes essai kemampuan menyimak berita. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan, didapatkan nilai rata-rata hasil kemampuan menyimak berita pada kelas eksperimen sebesar 73. Nilai ini lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata hasil kemampuan menyimak berita pada kelas kontrol, yaitu sebesar 62,2. Uji prasyarat analisis data dilakukan dengan uji normalitas (Liliefors), diperoleh L hitung = 0.1182 pada kelas eksperimen dan L hitung = 0.049 pada kelas kontrol, sedangkan L tabel pada taraf signifikasi α = 0,05 adalah 0,161. L hitung < L tabel, maka data dinyatakan normal. Hasil uji homogenitas (uji Bartlett) diperoleh X2 hitung sebesar 0,66 dan X2 tabel pada taraf signifikasi α = 0,05 adalah 3,84. Karena X2 hitung < X2 tabel atau 0,66 < 3,84, maka data dinyatakan homogen. Hasil analisis data dengan uji-t diperoleh t hitung sebesar 9,35, sedangkan t tabel pada taraf signifikasi α = 0,05 adalah 1,67. Karena t hitung > t tabel, berarti Ho ditolak dan Hi diterima. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Snowball Throwing berpengaruh terhadap kemampuan menyimak berita siswa kelas VIII SMP. Metode Snowball Throwing dapat dijadikan sebagai metode yang baik untuk pembelajaran menyimak berita melalui kegiatan menemukan pokok-pokok berita 5W+1H dan kesimpulan dari berita yang didengar melalui radio atau televisi. Metode Snowball Throwing merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran, disamping penggunaan buku ajar dalam metode yang konvensional. Metode Snowball Throwing ini dapat digunakan dalam aspek pembelajaran lainnya, seperti unsur-unsur intrinsik pada cerita rakyat maupun novel, khususnya pada kompetensi dasar menjelaskan tema dan latar novel remaja (asli atau terjemahan) yang dibacakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. H. Sam Mukhtar Chaniago, M.Si 2) Dra. Sintowati Rini Utami, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 27 Jun 2022 23:23
Last Modified: 27 Jun 2022 23:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30802

Actions (login required)

View Item View Item