PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X PADA MATERI SIFAT HANTARAN LISTRIK DAN REAKSI REDOKS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN DI SMA NEGERI 73 JAKARTA

ARY MARTINI, . (2011) PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X PADA MATERI SIFAT HANTARAN LISTRIK DAN REAKSI REDOKS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN DI SMA NEGERI 73 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
2...LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (0B)
[img] Text
1.CAVER.pdf

Download (12kB)
[img] Text
1...SKRIPSI.pdf

Download (0B)
[img] Text
6...perhitungan vlditas n realibilitass siklus 1.pdf

Download (974kB)
[img] Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (0B)
[img] Text
7...pRHTNGAN VLDTAS N RALIBLTS SIKLS II.pdf

Download (975kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan survei yang peneliti lakukan tentang proses pembelajaran di kelas X.6, dimana suasana pembelajaran terlihat kurang kondusif, sehingga siswa tidak berperan aktif. Hal ini berdampak terhadap hasil belajar siswa kelas X.6, dimana berdasarkan hasil belajar siswa pada materi Tata Nama Senyawa dan Persamaan Reaksi masih tergolong rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar kimia dengan strategi pembelajaran Predict Observe Explain (POE). Penelitian dilakukan sejak bulan Desember 2010 sampai dengan bulan Februari 2011 di SMA Negeri 73 Jakarta. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas X.6 sebanyak 38 orang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas, dimana analisis dari hasil suatu pembelajaran direfleksikan pada pembelajaran berikutnya. Penelitian terdiri dari dua siklus. Sebelum melakukan penelitian, dilakukan analisis kebutuhan untuk mengetahui apakah hasil belajar kimia telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal dan untuk mengetahui seberapa besar semangat belajar siswa terhadap pelajaran kimia. Indikator yang diukur pada penelitian ini adalah indikator hasil belajar siswa yang terdiri atas ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotorik. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa aspek kognitif, afektif, serta keterampilan psikomotorik siswa selama praktikum mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan peningkatan pada siklus II, dengan nilai rata-rata 63,36 menjadi 79,60. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Predict Observe Explain (POE) dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Imam Santoso, M.Si. 2) Dra. Erdawati M.Sc
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Kimia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 28 Jun 2022 03:53
Last Modified: 28 Jun 2022 03:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30825

Actions (login required)

View Item View Item