PENGARUH KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KEMBALI PRODUK PAKAIAN PADA ONLINE SHOP

DEWI WIDOWATI, . (2017) PENGARUH KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KEMBALI PRODUK PAKAIAN PADA ONLINE SHOP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI DEWI WIDOWATI (5525122934).pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian kembali produk pakaian pada Online Shop. Peralihan konsumen berbelanja pakaian di online shop meningkatkan frekuensi pembelian pakaian melalui online shop. Namun peningkatan ini juga dibarengi dengan berbagai kasus penipuan yang juga kerap terjadi di online shop sehingga berdampak pada kepercayaan konsumen kepada penjual. Keberhasilan penjual membangun kepercayaan konsumen dapat tercermin saat konsumen menunjukkan perilaku yang positif dengan membeli kembali produk. Penelitiaan dilakukaan di Provinsi DKI Jakarta. Sampel penelitiaan ini adalah wanita umur 18 tahun – 22 tahun yang berjumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling insidental. Instrumen penelitiaan berupa kuesioner. Dalam menguji hipotesis analisis yang digunakan yaitu analisis regresi satu predktor. Hasil penelitiaan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian kembali produk pakaian pada online shop. Dengan p = 0.000 (p<0,05) dan F Reg = 88,8 (FReg > F tabel = 3,93). Pengaruh kepercayaan bersifat positif terhadap keputusan pembelian kembali. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi kepercayaan diprediksikan akan menaikkan keputusan pembelian kembali produk pakaian pada online shop. Besar pengaruh dari kepercayaan terhadap keputusan pembelian kembali yakni sebesar 47,3 % dan sisanya 52,7% dipengaruhi faktor lain. This study aims at identifying the effect of consumer’s trust on decision of rebuying of the clothes product on online shop. The consumers’shift of the clothes shopping in online shop increases the frequency of purchasing the clothes through online shop. However, this increase is also accompanied by fraud cases that sometimes occurs in online shop thus it affects the trust of the consumers on the sellers. The sellers succeeding in building the consumers’ trust can be reflected as the consumers show positive attitude by rebuying the product. This study was conducted in DKI Jakarta province. This study sample is 100 female respondents at the age of 18 to 22. Technique in collecting the sample used is incidental sampling. The study instrument is questionnaire. To examine it, the analysis of hypothesis with one predictor is used. The result of the study shows that there is a significant effect on consumers’ trust on the decision of rebuying the product toward online shop with p = 0.000 (p<0.05) and F Reg = 88.8 (FReg > F table = 3.93). The trust effect has positive value on the decision of rebuying. This shows that the higher trust is predicted to increase the rebuying of the product on online shop. The significant value of the trust toward the rebuying of the product is 47.3 % and the rest of 52.7% is influenced by other factor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Cholilawati, M. Pd 2) Ernita Maulida, Ph,D
Subjects: Desain Kostum, Tata Busana > Tata Busana
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Busana
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 28 Jun 2022 05:04
Last Modified: 28 Jun 2022 05:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30830

Actions (login required)

View Item View Item