DEWI KURNIANINGSIH, . (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR TATA RIAS WAJAH MELALUI MEDIA VIDEO PADA PENERIMA MANFAAT TUNARUNGU WICARA“DI PANSOS MELATI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Skripsi Dewi.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk peningkatan hasil belajar tata rias wajah penyandang tunarungu wicara melalui sebuah program media video pembelajaran tata rias wajah. Video pembelajaran dikemas dalam bentuk DVD yang dapat dijadikan sumber belajar baik dalam pembelajaran dikelas maupun mandiri. Hasil penelitian dan pengembangan setelah melewati dua tahapan evaluasi antara lain, evaluasi field test dan evaluasi pre test. Pada evaluasi field test, uji coba dilakukan pada ahli terdiri atas 1 ahli materi dan 1 ahli media. Kemudian hasil evaluasi pretest di lakukan pada 20 penyandang disabilitas tunarungu, respoden yang diseluruhannya adalah penyandang disabilitas tunarungu kelas pembelajaran tata rias wajah. Pada tahapan evaluasi yang telah oleh ahli media di peroleh nilai 3,73, hal ini menayangkan video tergolong sangat baik untuk media pembelajaran. Kemudian para ahli materi menyatakan bahwa materi dalam tes dapat pengukur kemampuan penyandang disabilitas tunarungu wicara, dan mendapat skor 3,98 yang tergolongkan sangat baik. Sehingga dalam proses pembelajaran diketahui bahwa media video ini dapat meningkatan hasil blajar penyandang disabilitas tunarungu wicara dengan kenaikan angka 78,85. The study aims to increase learning outcomes makeup deaf mute through an instructional video media program makeup. Video learning is packaged in a DVD that can be used as learning resources both in class and independent learning. Results of research and development after passing through two stages of evaluation, among others, the evaluation of the field test and evaluation of pre-test. In the field test evaluation, trials conducted on experts consisting of one expert matter and one media expert. Then the pretest evaluation results done on 20 people with disabilities are deaf, all respondents who are deaf classroom learning disability makeup. At the stage of the evaluation by experts in the media obtained a value of 3,73 it is in excellent video broadcast for instructional media. Then the experts in the matter states that matter can test measuring the ability of persons with disabilities of deaf mute , and got a score of 3.98, which is very well be classified . So that the learning process is known that video media could improve the results learned disability with rising numbers of deaf speech 78,85.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Nurul Hidayah, M.Pd 2) Neneng Siti Selfia,M.si. Apt |
Subjects: | Tata Rias > Tata Rias (Makeup) |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Tata Rias |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 28 Jun 2022 05:12 |
Last Modified: | 28 Jun 2022 05:12 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30832 |
Actions (login required)
View Item |