HUBUNGAN LINGKUNGAN SOSIAL DENGAN PERILAKU REMAJA USIA 12-15 TAHUN DALAM MENGGUNAKAN KOSMETIKA RIAS WAJAH DEKORATIF (MAKE-UP) (Survei di Wilayah Setu Babakan Jakarta Selatan)

CITRA RIASDHI RAMADHANI, . (2017) HUBUNGAN LINGKUNGAN SOSIAL DENGAN PERILAKU REMAJA USIA 12-15 TAHUN DALAM MENGGUNAKAN KOSMETIKA RIAS WAJAH DEKORATIF (MAKE-UP) (Survei di Wilayah Setu Babakan Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Citra Riasdhi Ramadhani (5535122991).pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan lingkungan sosial dengan perilaku remaja usia 12-15 tahun dalam menggunakan kosmetika rias wajah dekoratif. Penelitian ini di laksanakan wilayah perkampungan setu babakan sebanyak 3 kali. Penelitian ini menggunakan metode survey korelasional dengan melibatkan responden sebanyak 30 remaja yang menggunakan kosmetika rias wajah dekoratif karena menggunakan teknik purposive sampling Instrumen penelitian menggunakan kuisioner tertutup dengan menggunakan Skala guttman. Data yang diperoleh terlebih dahulu di uji validitas dan reliabilitasnya. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, dan chi-square Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif pada faktor lingkungan sosial dengan perilaku remaja usia 12-15 tahun dalam mengguanakan kosmetika rias wajah dekoratif (make-up. Pada lingkungan sosial didapat sebanyak 60% tingkat penggunaan kosmetika rias wajah dekoratif pada remaja, sedangkan pada perilaku remaja didapat sebanyak 63,3% perilaku remaja dalam menggunakan kosmetika rias wajah dekoratif.pada tabel chi-square didapat pvalue sebesar 0,017 lebih kecil dari (5%) yang berarti Ho ditolak. Manfaat dan kegunaan pada penelitian ini adalah sebagai masukan pengetahuan dan informasi untuk para remaja, orang tua serta mahasiswi kecantikan UNJ agar dapat memberikan informasi dan pengetahuan tentang penggunaan kosmetika rias wajah dekoratif yang baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan lingkungan sosial dengan perilaku remaja usia 12-15 tahun dalam menggunakan kosmetika rias wajah dekoratif. Penelitian ini di laksanakan wilayah perkampungan setu babakan sebanyak 3 kali. Penelitian ini menggunakan metode survey korelasional dengan melibatkan responden sebanyak 30 remaja yang menggunakan kosmetika rias wajah dekoratif karena menggunakan teknik purposive sampling Instrumen penelitian menggunakan kuisioner tertutup dengan menggunakan Skala guttman. Data yang diperoleh terlebih dahulu di uji validitas dan reliabilitasnya. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, dan chi-square Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif pada faktor lingkungan sosial dengan perilaku remaja usia 12-15 tahun dalam mengguanakan kosmetika rias wajah dekoratif (make-up. Pada lingkungan sosial didapat sebanyak 60% tingkat penggunaan kosmetika rias wajah dekoratif pada remaja, sedangkan pada perilaku remaja didapat sebanyak 63,3% perilaku remaja dalam menggunakan kosmetika rias wajah dekoratif.pada tabel chi-square didapat pvalue sebesar 0,017 lebih kecil dari (5%) yang berarti Ho ditolak. Manfaat dan kegunaan pada penelitian ini adalah sebagai masukan pengetahuan dan informasi untuk para remaja, orang tua serta mahasiswi kecantikan UNJ agar dapat memberikan informasi dan pengetahuan tentang penggunaan kosmetika rias wajah dekoratif yang baik dan benar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Nurul Hidayah, M.pd 2) Dra. Lilis Jubaedah, M.kes
Subjects: Tata Rias > Tata Rias (Makeup)
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Rias
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 28 Jun 2022 06:07
Last Modified: 28 Jun 2022 06:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30858

Actions (login required)

View Item View Item