STUDI DESKRIPTIF PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMAN 2 BOGOR

ARY BAYU NUGRAHA, . (2011) STUDI DESKRIPTIF PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SMAN 2 BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Ary Bayu Nugraha.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris, gambaran dan informasi yang tepat berdasarkan data yang akurat, benar dan dapat dipercaya tentang pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMAN 2 Bogor. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Bogor Jalan Mantarena No. 9 untuk lokasi pembelajaran kelas XII dan Jalan Keranji ujung No. 1 Budi Agung Bogor yang di gunakan untuk semua urusan administrasi sekolah dan kegiatan pembelajaran kelas X dan XI . Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti mengadakan observasi langsung ke lokasi penyelenggaraan supervisi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah alat pengukur bukan tes, teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini berupa pengamatan, wawancara mendalam yakni wawancara dilakukan untuk memperoleh informasi dan data yang diperlukan secara mendalam yang diperoleh dari para informan, catatan lapangan dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah responden menyatakan bahwa pelaksanaan supervisi yang dilakukan memiliki pengaruh yang sangat erat terhadap peningkatan kinerja guru dan berpengaruh langsung terhadap mutu sekolah. Kepala sekolah telah melakukan proses supervisi sesuai dengan ketentuan yang di jadikan tolak ukur pelaksanaan supervisi, kepala sekolah melakukan persiapan sebelum proses supervisi dilakukan dan kepala sekolah dirasakan sudah kompeten dalam melakukan tugas sebagai seorang supervisor. Peneliti menyarankan agar diperhatikan oleh pihak sekolah adalah peningkatan keterlibatan guru dalam pelaksanaan supervisi untuk dapat meningkatkan mutu sekolah dan kinerja guru. The aim of this research is to get the exact empirical data, information and condition based on accurate data, factual and trusted about the principal supervision in increasing teacher performance at SMAN 2 Bogor. This research placed in SMAN 2 Bogor at Keranju Ujung Street No.1 Budi Agung Bogor which functioned as administration center and class for student X and XI grade. A descriptive methodology is used for this research by a qualitative approach. The Researcher observe the supervision directly on the location. The instrument which used to measure this research is not a test. Observation and interview are the technique in collecting data. To get a detail information from the informants added with the field notes and documentation. The conclusion from this research is the respondence declare that the supervision by the principal effect strongly to the school quality. The principle have had supervising according to the standard of supervision. And the principal is a good supervisor, as good as the competence. The research suggest to increase the teacher involvement on the supervision to increase teacher performance and also the school quality.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Sutjipto 2) Dr. Eliana Sari, MM
Subjects: Manajemen > Manajemen , Business
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 28 Jun 2022 06:20
Last Modified: 28 Jun 2022 06:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30862

Actions (login required)

View Item View Item