PERSEPSI GURU TAMAN KANAK-KANAK TENTANG PENDIDIKAN SEKSUALITAS ANAK USIA 4-6 TAHUN (Survey di Kelurahan Cakung Barat Jakarta Timur)

FAIRUZAH MUHARA, . (2011) PERSEPSI GURU TAMAN KANAK-KANAK TENTANG PENDIDIKAN SEKSUALITAS ANAK USIA 4-6 TAHUN (Survey di Kelurahan Cakung Barat Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi FAIRUZAH PAUD'06.pdf

Download (609kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan memperoleh data empiris mengenai persepsi guru tentang pendidikan seksualitas anak usia 4 – 6 tahun di Kelurahan Cakung Barat Jakarta Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif dengan teknik survey. Populasi penelitian ini adalah guru yang mengajar Taman Kanak-kanak di Kelurahan Cakung Barat Jakarta Timur. Teknik sampling yang digunakan adalah secara acak (random sampling), sampel dalam penelitian ini adalah 30 orang guru. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2011. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan menggunakan skala likert yang berisi 25 pernyataan. Pernyataan dalam penelitian ini terdiri dari 3 indikator persepsi: perhatian, pemahaman, penilaian tentang pendidikan seksualitas anak usia 4 - 6 tahun. Uji validitas secara empirik menggunakan rumus Product Moment, diperoleh 25 item valid dari 32 item. Uji reliabilitas diukur dengan menggunakan koefisiensi Alpha Cronbach, diperoleh r = 0,8. Menunjukan instrumen tersebut memiliki interpretasi sangat tinggi. Deskripsi data hasil penelitian persepsi guru tentang pendidikan seksualitas anak usia 4 – 6 tahun yaitu cukup baik. Dikatakan cukup baik karena dari analisa data keseluruhan dapat dilihat besarnya jumlah persentase pada kategori cukup baik sebesar 56.67 persen, lebih besar jika dibandingkan dengan kategori baik maupun kurang baik. Hal ini menunjukkan bahwa persepsi guru Taman Kanak-kanak tentang pendidikan seksualitas adalah cukup baik. Implikasi dari penelitian ini adalah dapat membantu sikap guru dalam mem�berikan pendidikan kepada anak usia 4 - 6 tahun. Dimana guru memahami makna tujuan, manfaat, dan faktor yang mempengaruhi pengetahuan anak akan seks, serta peran guru dalam memberikan pendidikan seksualitas. Penelitian ini hanya menunjukkan data empiris serta memberikan gambaran utuh mengenai persepsi guru tentang pendidikan seksualitas, sehingga perlu ada penelitian lanjutan yang membahas mengenai faktor - faktor yang mempengaruhi rendahnya jumlah guru yang terbuka dengan pendidikan seksualitas anak usia 4 – 6 tahun. The purpose of this study was to describe and obtain data on teachers' perceptions about sexuality education of children aged 4-6 years in the Village West Cakung, East Jakarta. This study is a quantitative research using descriptive method with survey techniques. The population of this study is the teacher who taught kindergarten in the Village of West Cakung, East Jakarta. Sampling technique used was randomized (random sampling), samples in this study were 30 teachers. This study was conducted in July 2011. The instrument used was using a Likert scale questionnaire containing 25 statements. Statements in this study consisted of three indicators of perception: attention, comprehension, assessment of sexuality education of children aged 4-6 years. Empirically test the validity of using the formula Product Moment, obtained 25 valid items of 32 items .. reliability test was measured using Cronbach Alpha coefficient, was obtained r = 0.8. Indicates the instrument is very reliable. Description of research data on sexuality education teachers' perceptions of children aged 4-6 years is pretty good. Said to be quite good because of the overall data analysis can be seen the large number of fairly good percentage of the larger categories when compared with both good and bad categories. The amount of pretty good percentage of 56.66 percent, the percentage of either 10 percent, while the percentage of poorly besarya 33.33 percent. This research shows only the empirical data and provide a complete picture of teachers' perceptions about sexuality education, so there needs to be further research that discussed the factors - factors that affect rendanhnya number of teachers that are open to the sexuality education of children aged 4-6 years.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 28 Jun 2022 07:34
Last Modified: 28 Jun 2022 07:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30884

Actions (login required)

View Item View Item