MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK UISA 5-6 TAHUN MELALUI METODE MONTESSORI (Action Research di TK PKK Sukarame Talangpadang Lampung)

FITRIA, . (2011) MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK UISA 5-6 TAHUN MELALUI METODE MONTESSORI (Action Research di TK PKK Sukarame Talangpadang Lampung). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI FITRIA.pdf

Download (95MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan di TK PKK Sukarame, Desa Kampung Duren, Kecamatan Talangpadang, Kabupaten TTanggamus Lampung, yang dilaksanakan mulai dari Maret hingga April 2011. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Tahapan penelitian tindakan kelas meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah TK PKK Kelompok B, Kampung Duren, Kecamatan Talangpadang, Kabupaten Tanggamus Lampung yang memiliki masalah dalam membaca permulaan. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah adalah sebuah metode data non-tes yang mengandung catatan survey bedasarkan pengamatan, penilaian manual kemampuan membaca permulaan dan foto observasi. Penggunaan metode analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan minimal ketercapaian 35%. Hasil dari seluruh prosentase analisis data adalah 82,8% yang sesuai dengan indikator yang telah ditentukan. Berdasarkan prosentase ketercapaian dari penelitian ini, maka hipotesis dapat diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan aktifitas kegiatan bernyanyi huruf a,i,u,e,o,b,m, dan suku kata ba, ma, dapat meningkatkan motivasi belajar kemampuan membaca permulan anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK PKK Desa Kampung Duren, Kecamatan Talangpadang Kabupaten Tanggamus Lampung. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa metode Montessori merupakan alternatife untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK PKK Desa Kampung Duren, Kecamatan Talangpadang Kabupaten Tanggamus Lampung. Pengimplemntasian melibatkan beberapa faktor seperti kemampuan guru, fasilitas sekolah dan kondisi anak. Melalui sinergi ketiga faktor tersebut maka kemampuan membaca permulaan dapat ditingkatkan secara optimal sehingga anak memiliki kemampuan membaca untuk lebih mengembangkan keterampilan berbahasa lisan menjadi lebih baik. The purpose of this research is to improve reading skills beginning in kindergarten Sukarame PKK, the village of Kampung Duren, District Talangpadang, Tanggamus Lampung District, conducted from March to April 2011. The method used is to study a class action. Stages of class actions include research planning, implementation, observation, and reflection. The subjects of this study were kindergarten PKK Group B, Kampung Duren, District Talangpadang, Tanggamus Lampung District who have trouble reading the beginning. The method used in data collection is a method of data containing non�test Based on the survey record of observations, assessment of the ability to read the beginning of the manual observations and photos. The use of methods of data analysis in this study is to use a minimum achievement of 35%. Results from the percentage of data analysis was 82.8% according to the indicators that have been determined. Based on the percentage of achievement of this study, the hypothesis can be accepted. So it can be concluded that the use of singing activities activity letters a, i, u, e, o, b, m, and the syllable ba, ma, can enhance motivation to learn reading skills permulan group B children aged 5-6 years in kindergarten PKK Kampung Village Duren, District Talangpadang Tanggamus Lampung regency. The implications of this research is that the Montessori method are alternatives to improve the reading skills of children aged 5-6 years beginning in kindergarten PKK village of Kampung Duren, District Talangpadang Tanggamus Lampung regency.Pengimplemntasian involves several factors such as the ability of teachers, school facilities and the child's condition. Through the synergy of these three factors, the ability to read the beginning can be improved by optimally so that the child has the ability toread to further develop oral language skills become better.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Gusti Yarmi, M.Pd 2) Drs. Bahrudin M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 28 Jun 2022 07:43
Last Modified: 28 Jun 2022 07:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30885

Actions (login required)

View Item View Item