MOTIVASI BELAJAR DI SEKOLAH KESETARAAN PADA MASYARAKAT BADUY LUAR. (PENELITIAN KUALITATIF DI DESA KANEKES, KEC. LEUWIDAMAR, KAB. LEBAK, BANTEN)

GILANG NANDIAPUTRI, . (2011) MOTIVASI BELAJAR DI SEKOLAH KESETARAAN PADA MASYARAKAT BADUY LUAR. (PENELITIAN KUALITATIF DI DESA KANEKES, KEC. LEUWIDAMAR, KAB. LEBAK, BANTEN). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
lampiran skripsi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 1 sdg bab 5.pdf

Download (811kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran motivasi belajar pada warga Baduy Luar yang melakukan aktivitas belajar di sekolah kesetaraan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik kualitatif etnografi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah dua orang yaitu S dan E yang melakukan aktivitas belajar di sekolah kesetaraan, paket A dan B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data analisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif serta teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber referensi. Hasil penelitian ini yaitu kedua subjek memiliki motivasi intrinsik dan ekstrinsik dalam melakukan aktivitas belajar di sekolah kesetaraan. Subjek I (S) memiliki motivasi intrinsik dalam melakukan kegiatan belajar di sekolah kesetaraan Paket B seperti misalnya keinginan untuk mendapat keterampilan, informasi dan pengertian tertentu, Cita-cita masa depan, Mengembangkan sikap, Menyenangi kehidupan, Menyadari sumbangannya terhadap usaha kelompok, dan Keinginan diterima oleh orang lain. Motivasi eksternal yang dimiliki oleh S yaitu faktor ekonomi, ijazah, lingkungan belajar yang kondusif, dan penghargaan dari orang lain. Subjek II (E) memiliki motivasi instrinsik dalam mengikuti kegiatan belajar di sekolah kesetaraan Paket A seperti keinginan untuk mendapatkan keterampilan, informasi dan pengertian tertentu, mengembangkan sikap, serta keinginan diterima oleh orang lain. Motivasi ekstrinsik yang dimiliki E adalah faktor ekonomi, ijazah, lingkungan belajar yang kondusif, dan penghargaan dari orang lain. Kedua subjek memiliki lima faktor yang mempengaruhi motivasi belajar mereka yaitu keluarga, budaya, sekolah, dan diri sendiri, hal ini yang menyebabkan perbedaan kualitas motivasi dari masing-masing subjek berbeda. The Purpose of this research is to give an illustration of Outer Baduy People who is studying at an equality school. The approach used in this research is qualitative with ethnography qualitative technique. There are two subjects in this research; they are S and E who are studying at an equality school, paket A and B. The data collection used in this research is observation, interviews, and documentation. The data is analyzed by using qualitative data analysis techniques and for the validity inquiry is using triangulation method and the triangulation of reference sources. The result of this research is both of the subjects have intrinsic and extrinsic motivation in studying at an equality school. The 1st subject (S) has some intrinsic motivations in studying at the Paket B equality school such as having desire in getting certain skills, information and understanding, future goals, developing the attitude, enjoying life, realizing the contribution to the group works, and the desire of being accepted by other people. The external motivations owned by S are economic factor, certificates, a conducive learning environment, and appreciation from others. The 2nd subject (E) has some intrinsic motivations in studying at the equality school Paket A such as the desire in having skills, information, and certain understanding, attitude development, and the desire of being accepted by other people. The external motivations owned by S are economic factor, certificates, a conducive learning environment, and appreciation from others. Both of the subjects have five factors that influence their learning motivation; family, culture, school, and their selves, these factors cause the differences in motivational qualities of each different subject.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FPP > S1 Psikologi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 28 Jun 2022 07:49
Last Modified: 28 Jun 2022 07:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30887

Actions (login required)

View Item View Item