MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION TENTANG ENERGI BUNYI PADA SISWA KELAS IV SDN TEGAL ALUR 06 PAGI JAKARTA BARAT

LAELA FATCHUN QOYYIMAH, . (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION TENTANG ENERGI BUNYI PADA SISWA KELAS IV SDN TEGAL ALUR 06 PAGI JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Laela.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan skripsi ini adalah untuk mencari cara meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Tegal Alur 06 Pagi menggunakan model pembelajaran Problem Based Instruction Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai Mei 2011 dengan subjek penelitian 36 siswa kelasIV. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dilaksanakan dengan menggunakan model spiral siklus dari Kemmis dan Taggart. Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan data hasil penelitian hasil belajar siswa, pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 60,11 dan pada siklus II hasil belajar siswa rata-rata sebesar 70,41 sehingga mengalami peningkatan nilai sebesar 10,30. Adapun aktivitas siswa dengan model pembelajaran Problem Based Instruction pada siklus I pertemuan I rata-rata sebesar 62% pertemuan II rata-rata sebesar 73% dan pada siklus II, pada pertemuan I rata-rata sebesar 82% dan pertemuan II sebesar 92% Dalam hal ini aktivitas guru selama proses belajar mengajar pada siklus I pertemuan I rata-rata sebesar 53% pertemuan II rata-rata sebesar 63% dan pada siklus II, pada pertemuan I rata-rata sebesar 75% dan pertemuan II sebesar 87% Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tegal Alur 06 pagi, Jakarta Barat. Impikasi hasil penelitian adalah bahwa model pembelajaran Problem Based Instruction dapat dijadikan sebagai salah satu pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa khusunya pada pembelajaran IPA The purpose of this scription is to find ways to improve learning outcomes fourth grade science students of SDN 06 Tegal Alur Pagi using model of problem based learning instruction. The research was implemented in April to May 2011 with research subject 36 fourth grade students. The research method used was action research class, implemented by using the spiral model cycles of Kemmis and Taggart. Class action research conducted through the stages of planning, execution, observation, and reflection. Based on data from students' research results, the average student in the first cycle was 60.11 and the second cycle of learning outcomes of students increased on average by 70.41. The activity of students with problem-based instruction learning model on the first cycle of the first meeting on average by 62%, and at the second meeting of the average by 73% and in the second cycle, the first meeting of the average by 82% and in the second meeting of the average by 92%. In this activity the teacher during the learning process at the first meeting of the first cycle an average of 53%, second meeting on average by 63%, and in the second cycle on the third meeting of the average of 75% and the final meeting by 87%. Based on the results of this research can be concluded that the application of problem�based instruction learning model can improve learning outcomes of fourth grade students on SDN Tegal Alur 06 Pagi, West Jakarta on science. The implications of research results is Problem Based Instruction learning model can be used as a learning approach to improving learning outcomes of students especially in science learning.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Yetty Auliaty, M.Pd 2) Dra. Endang M. Kurnianti, M.Ed
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 28 Jun 2022 08:20
Last Modified: 28 Jun 2022 08:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30892

Actions (login required)

View Item View Item