DESSY CHAISARWATI, . (2011) PENGARUH PENERAPAN OUT DOOR LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA (Studi Quasi Eksperimen di SMAN 1 Pacet Jawa Barat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI DESSY CHAISARWATI (3415060164).PDF Download (7MB) |
Abstract
Pembelajaran Biologi menekankan pada pemberian pembelajaran secara langsung untuk mengembangkan kompetensi siswa. Pengalaman belajar tidak hanya diperolek melalui kegiatan disekolah, tetapi juga dapat diperoleh melalui kegiatan di luar sekolah. Salah satu model pembelajaran di luar sekolah adalah model pembelajaran Out Door Learning, yaitu model pembelajaran dimana guru mengajak siswa belajar di luar kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model out door learning terhadap motivasi belajar Biologi siswa di SMAN 1 Pacet – Jawa Barat. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Pacet – Jawa Barat dan di Kebun Raya Cibodas pada bulan November sampai Desember 2010. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Populasi ditentukan dengan purposive sampling yaitu siswa. Sampel penelitian yang digunakan adalah selurus siswa kelas X1 sebanyak 35 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner motivasi, lembar observasi, dan wawancara. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas dengan uji kolmogorov-smirnov dan uji uji homogenitas dengan uji-F. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh data berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t, dari hasil perhitungan diperoleh thitung 3,32 > ttabel 2 pada α = 0,05. Maka terima H0, yaitu terdapat pengaruh penerapan Out Door Learning terhadap motivasi belajar siswa SMAN 1 Pacet – Jawa Barat. Learning Biology emphasizes in providing direct teaching to develop students' competencies. Learning experience not only obtained through school activities, but can also be obtained through activities outside of school. One model of learning outside of school is Out Door Learning, that is a model of learning where the teacher invites students to learn outside the classroom. This study aims to determine the effect of out door learning model to student’s motivation to learn biology at SMAN 1 Pacet - West Java. The research was conducted at SMAN 1 Pacet - West Java and in Cibodas Botanical Garden in November to Desember 2010. The method used is a quasi-experimental methods. Population is determined by purposive sampling. The samples used were all graders X1 as many as 35 people. The instrument used were questionnaire study of motivation, observation sheets, and interviews. Prerequisite test analysis used to test for normality is the Kolmogorov-Smirnov test and homogeneity test with F-tests. Based on calculations of data obtained normally distributed and homogeneous. Hypothesis testing using t-test, the results of calculations obtained tcount 3.32 > TTable 2 at α = 0.05. So accept H0, there is the influence of out door learning implementation against student’s motivation Learning SMAN 1 Pacet - West Java.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dra. Mieke Miarsyah, M. Si 2) Dra. Yoswita Rustam, M. Si |
Subjects: | Sains > Ilmu Bumi > Biologi |
Divisions: | FMIPA > S1 Biologi |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 28 Jun 2022 10:12 |
Last Modified: | 28 Jun 2022 10:12 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30894 |
Actions (login required)
View Item |