ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PSIKOMOTORIK MENGGUNAKAN PRAKTIKUM SKALA SEMI MIKRO PADA PENETAPAN ALUMINIUM SECARA KOMPLEKSOMETRI DI SMAK BOGOR

ERZA RIANTI, . (2011) ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PSIKOMOTORIK MENGGUNAKAN PRAKTIKUM SKALA SEMI MIKRO PADA PENETAPAN ALUMINIUM SECARA KOMPLEKSOMETRI DI SMAK BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
#cover skripsi.pdf

Download (18kB)
[img] Text
abstrak, kt pengantar, dsb.pdf

Download (138kB)
[img] Text
skripsi Erza.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai kemampuan kognitif dan keterampilan psikomotorik siswa menggunakan praktikum skala semi mikro pada penetapan aluminium secara kompleksometri. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2009/2010 di Sekolah Menengah Analis Kimia Bogor. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-6 sebanyak 26 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Penelitian dilakukan dengan memvalidasi prosedur percobaan yang terdapat dalam buku panduan praktikum kimia volumetri II terlebih dahulu, kemudian melaksanakan praktikum skala semi mikro. Indikator yang diukur pada penelitian ini adalah aspek kemampuan kognitif dan keterampilan psikomotorik siswa selama praktikum. Hasil penelitian yang diperoleh adalah kemampuan kognitif siswa kelas XI-6 secara keseluruhan tergolong baik dengan nilai rata-rata 75,57. Secara keseluruhan, sebaran siswa dalam kemampuan kognitif adalah sebanyak 38,46% tergolong kategori baik sekali; 46,15% siswa tergolong kategori baik; sebanyak 15,38% tergolong kategori cukup. Keterampilan psikomotorik siswa kelas XI-6 secara keseluruhan tergolong baik dengan skor rata-rata 87,50. Secara keseluruhan, sebaran siswa dalam keterampilan psikomotorik adalah sebanyak 80,77% siswa tergolong kategori baik sekali; dan sebanyak 19,23% siswa tergolong kategori baik. Kesalahan relatif dalam penetapan aluminium secara kompleksometri menggunakan skala semi mikro dengan pengurangan bahan sampai 1/16 jumlah sampel awal, sebesar 17,92%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Nurbaity, M.Si 2) Dr. Erdawati, M.Sc
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Kimia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 28 Jun 2022 10:29
Last Modified: 28 Jun 2022 10:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30898

Actions (login required)

View Item View Item