Penentuan Solusi Bidang Sesar Sumber Gempa di Mentawai dan Sekitarnya dengan Menggunakan Metode Polaritas Data Seismogram

JAYA SENGARA, . (2011) Penentuan Solusi Bidang Sesar Sumber Gempa di Mentawai dan Sekitarnya dengan Menggunakan Metode Polaritas Data Seismogram. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi-Jaya_Sengara-(3225061764).pdf

Download (1MB)

Abstract

Mentawai dan sekitarnya berada sangat dekat dengan zona subduksi dua lempeng yaitu Lempeng Indo-Australia yang menghunjam ke Lempeng Eurasia, sehingga daerah ini menjadi daerah yang sangat rawan terhadap bencana gempa, terbukti dengan terjadinya beberapa kali event gempa yang sangat merusak dan banyak menelan korban jiwa. Untuk menggambarkan keadaan sesar saat terjadi gempa adalah dengan menghitung solusi bidang sesar. Solusi bidang sesar menerangkan sistem stress tektonik yang bekerja di pusat gempa. Salah satu metodenya adalah solusi bidang sesar berdasarkan polaritas data seismogram yaitu analisa yang berdasarkan impuls awal gelombang gempa yang tercatat di stasiun-stasiun seismologi. Dengan menggunakan analisa software Focal Mechanism (focmec) dapat dihitung parameter-parameter solusi bidang sesar berupa arah strike, dip, rake serta jenis sesar yang terjadi saat terjadi gempa. Dalam penelitian ini didapat nilai dari solusi bidang sesar untuk Gempa bumi Mentawai 2010 memiliki arah strike 3200 , dip 90 , dan rake 950 dengan tipe sesar naik. Hasil dari metode ini cukup akurat karena memiliki kecocokan hasil dengan USGS dan Global CMT sebagai lembaga kegempaan yang akurat dalam menentukan kegempaan secara global. Mentawai and its surroundings area are very close to the subduction zone where the Indo-Australian Plate subducts into the Eurasian Plate. Therefore the area became vulnerable to earthquake disasters, which some destructive earthquake occurred and caused many casualties. We can calculate solution of fault mechanism to explains the system of tectonic stress that occurred at the epicenter. The polarity solution method based on the initial impuls seismic wave (seismogram) that recorded at many seimological station. We use the application program of Focal Mechanism (focmec) to calculate parameters of fault strike, dip, rake and the type of the earthquake. This study shows the value of the fault solution fault for 2010 Mentawai Earthquakes whith direction of strike 3200 , dip 90 , and rake 950 with type of revers fault. The results is consistent with USGS and the Global CMT as the accurate global earthquake determination.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Anggoro Budi Susilo, M.Si, 2) Sugeng Pribadi, ST, M.DM,
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Fisika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 28 Jun 2022 11:04
Last Modified: 28 Jun 2022 11:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30903

Actions (login required)

View Item View Item