ANALISIS KESESUAIAN KARAKTERISTIK SISWA BERDASARKAN KECERDASAN MAJEMUK DAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA HASIL BELAJAR MATERI LAJU REAKSI

KHRISTI YENI EKA PUTRI, . (2011) ANALISIS KESESUAIAN KARAKTERISTIK SISWA BERDASARKAN KECERDASAN MAJEMUK DAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA HASIL BELAJAR MATERI LAJU REAKSI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Hand Out Materi Laju Reaksi.pdf

Download (330kB)
[img] Text
Lampiran landscape.pdf

Download (237kB)
[img] Text
Lampiran portrait.pdf

Download (426kB)
[img] Text
9,10_reliabilitas instrumen karakteristik siswa.pdf

Download (161kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (42kB)
[img] Text
skripsi.pdf

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis kesesuaian karakteristik siswa berdasarkan kecerdasan majemuk dominan di kelas penelitian dan pembelajaran kooperatif pada hasil belajar materi laju reaksi. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2009/2010 di SMA Negeri 89 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis kuantitatif non-parametrik. Dalam penelitian ini dilakukan dua analisis pendahuluan. Pertama, analisis karakteristik siswa berdasarkan teori kecerdasan majemuk Gardner untuk mengetahui kecenderungan karakteristik kelas penelitian. Kedua, analisis karakteristik materi laju reaksi dengan menggunakan Taksonomi Bloom untuk menentukan cara penyajian materi laju reaksi yang disesuaikan dengan karakteristik siswa. Analisis kesesuaian dilakukan dengan perhitungan chi-square dengan membagi kelompok siswa kedalam kelompok Low Order Thinking (LOT) dan High Order Thinking (HOT). Kesesuaian pada penelitian ini dideskripsikan melalui hasil belajar siswa. Terdapat kesesuaian jika harga ekspektasi tinggi dan hasil belajar tinggi. Rendah atau tingginya hasil belajar dapat dilihat dari distribusi frekuensi dan kecondongan (skewness). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat kesesuaian karakteristik siswa berdasarkan kecerdasan majemuk dan pembelajaran kooperatif pada hasil belajar materi laju reaksi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Achmad Ridwan M.Si 2) Dr. Imam Santoso, M.Si
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Kimia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 28 Jun 2022 11:09
Last Modified: 28 Jun 2022 11:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30904

Actions (login required)

View Item View Item