UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII-1 SMP NEGERI 125 JAKARTA PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN DENGAN STRATEGI PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R)

MASTUROH, . (2011) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII-1 SMP NEGERI 125 JAKARTA PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN DENGAN STRATEGI PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
judul, lamp.pdf

Download (441kB)
[img] Text
BAB I,2,3,4,5,dftr pstka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika bukan hanya disebabkan karena matematika yang sulit, melainkan disebabkan oleh banyak faktor yang meliputi siswa itu sendiri, guru, metode pembelajaran, maupun lingkungan belajar yang saling berhubungan satu sama lain. Faktor mendasar yang menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika adalah masih banyak siswa yang belum memahami suatu bacaan dan menginterpretasikan bacaannya terutama dalam simbol matematika sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar matematika. Berdasarkan perolehan nilai ulangan harian matematika siswa kelas VII-1 yang nilai rata-ratanya 44,85 sedangkan, nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) kelas VII-1 SMP Negeri 125 Jakarta pada ulangan ini adalah 60,00 dengan demikian, diadakanlah sebuah penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan himpunan dengan menerapkan strategi PQ4R. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitiatif dengan jenis penelitian tindakan yang dilakukan dalam tiga siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap analisis, dan tahap refleksi. Teknik yang digunakan untuk memvalidasi data dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi. Teknik triangulasi menggunakan berbagai sumber data yang memanfaatkan peneliti sebagai guru kelas, siswa, dan dua orang observer dengan membandingkan data hasil pengamatan yang didapat selama penelitian dengan wawancara siswa dan bantuan dua orang observer. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi PQ4R dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan himpunan. Rata-rata nilai tes akhir siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya yaitu siklus I memperoleh nilai rata-rata 35,32 dan mengalami peningkatan secara signifikan pada siklus II dengan memperoleh nilai rata-rata 65,00 serta mengalami peningkatan lagi pada siklus III dengan memperoleh nilai rata-rata 73,89 maka dari ketiga siklus tersebut rata-rata nilai hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan himpunan telah memenuhi KKM yang ditetapkan yaitu sebesar 60,00.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Tri Murdiyanto, M.Si 2) Tutuk Narfanti, S.Pd, M.Ed
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 28 Jun 2022 17:58
Last Modified: 28 Jun 2022 17:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30911

Actions (login required)

View Item View Item