PENYUSUNAN DAN UJICOBA INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA PRAKTIKUM MAHASISWA PADA PERCOBAAN REAKSI REDOKS DAN SEL ELEKTROKIMIA DALAM PRAKTIKUM KIMIA DASAR II

MUTHIA SARI, . (2011) PENYUSUNAN DAN UJICOBA INSTRUMEN PENILAIAN KINERJA PRAKTIKUM MAHASISWA PADA PERCOBAAN REAKSI REDOKS DAN SEL ELEKTROKIMIA DALAM PRAKTIKUM KIMIA DASAR II. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian kinerja praktikum mahasiswa dalam Praktikum Kimia Dasar II, khususnya pada percobaan Reaksi Redoks dan Sel Elektrokimia. Penelitian ini dilakukan pada bulan September 2010 sampai April 2011 di laboratorium Jurusan Kimia, Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif melalui beberapa tahapan yaitu tahap analisis pendahuluan, tahap analisis dan karakteritik materi pelajaran, tahap penyusunan kisi-kisi instrumen penilaian, tahap penyusunan instrumen penilaian, tahap validasi instrumen penilaian, tahap revisi instrumen penilaian, dan tahap uji coba produk. Validasi oleh pengkaji materi dan bahasa untuk setiap deskriptornya memperoleh interpretasi penilaian yang baik, umumnya berkisar antara 3.0 - 4.0, dengan angka validitas 0.56 - 1.00 dan reliabilitas > 0.70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian kinerja praktikum mahasiswa pada aspek afektif, dan psikomotorik pada percobaan Reaksi Redoks dan Sel Elektrokimia dalam Praktikum Kimia Dasar II dapat digunakan sebagai instrumen penilaian Praktikum Kimia Dasar II di laboratorium kimia FMIPA UNJ.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Sondang N.Sihombing 2) Dra. Yusmaniar, M.Si
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 28 Jun 2022 18:15
Last Modified: 28 Jun 2022 18:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30915

Actions (login required)

View Item View Item