PENENTUAN NITRIT DALAM IKAN BAWAL PUTIH (Pampus argenteus) MENGGUNAKAN REAGEN 3-AMINA-7- DIMETILAMINA-2-METILFENAZIN HIDROKLORIDA DENGAN SPEKTROFOTOMETER VISIBLE

SUSY SAADAH, . (2012) PENENTUAN NITRIT DALAM IKAN BAWAL PUTIH (Pampus argenteus) MENGGUNAKAN REAGEN 3-AMINA-7- DIMETILAMINA-2-METILFENAZIN HIDROKLORIDA DENGAN SPEKTROFOTOMETER VISIBLE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Susy Saadah_3325071960.pdf

Download (894kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kadar nitrit dalam ikan bawal putih (Pampus argenteus) dengan variasi waktu penyimpanan menggunakan reagen 3-amina-7-dimetilamina-2-metilfenazin hidroklorida. Sampel ikan bawal putih (Pamppus argenteus) diperoleh dari hasil tangkapan nelayan Muara Angke. Kadar nitrit dalam ikan bawal putih (Pampus argenteus) ditentukan menggunakan metode spektrofotometri. Dari hasil penelitian, diketahui bahwa, konsentrasi optimum reagen 3- amina-7-dimetilamina-2-metilfenazin hidroklorida adalah 0,0021% (b/v). Kadar nitrit dalam daging ikan bawal putih (Pampus argenteus) melalui proses freeze dry saat didiamkan selama satu hari adalah sebesar 5,388ppm, sedangkan tanpa melalui freeze dry adalah sebesar 4,085ppm. Kadar nitrit dalam daging ikan bawal putih (Pampus argenteus) melalui proses freeze dry saat didiamkan selama empat belas hari adalah sebesar 28,89ppm, sedangkan tanpa melalui freeze dry adalah sebesar 18,53ppm. Semakin lama ikan bawal putih (Pampus argenteus) didiamkan, maka konsentrasi nitrit yang terkandung semakin meningkat. Tidak terdapat perbedaan antara konsentrasi nitrit dalam daging ikan bawal (Pampus argenteus) yang mengalami proses freeze dry dan tidak mengalami proses freeze dry.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Tritiyatma H., M.Si. 2) Irma Ratna Kartika, M.Sc.Tech
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Kimia
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 28 Jun 2022 18:49
Last Modified: 28 Jun 2022 18:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30926

Actions (login required)

View Item View Item