PELAKSANAAN PEMBELAJARAN OLAHRAGA BOLA BOCCE PADA ANAK AUTIS (Studi Deskriptif di SLBN 02 Jakarta Selatan)

LIA DEFITTA, . (2011) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN OLAHRAGA BOLA BOCCE PADA ANAK AUTIS (Studi Deskriptif di SLBN 02 Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Lia Defitta.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk memperoleh data deskriptif tentang pelaksanaan pembelajaran olahraga bola bocce pada anak autis. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) 02 Jakarta dengan meneliti proses pembelajaran guru olahraga bola bocce dengan siswa autis kelas VIII dan IX. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif dengan pengumpulan data yang dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan dengan cara observasi langsung dimana penulis mengamati langsung proses pembelajaran olahraga bola bocce di SLBN 02. Wawancara dilakukan kepada guru kelas, guru olahraga serta orangtua siswa autis. Dokumentasi dilakukan dengan cara mengambil gambar berupa foto-foto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran olahraga bola bocce berpedoman pada kurikulum modifikasi, yang dilakukan dengan menggabung anak autis dengan anak tunagrahita. Metode yang digunakan adalah metode simulasi dan Tanya jawab, dengan menggunakan 1 set bola bocce, peluit, bendera, meteran dan stopwatch. Evaluasi pembelajaran dapat dilakukan secara tes dan non tes. Faktor pendukung terletak pada keterlibatan guru selama pembelajaran berlangsung, sedangkan ketidakstabilan emosi anak autis dapat menjadi salah satu faktor penghambat pembelajaran. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran olahraga bola bocce cukup efektif diterapkan kepada siswa autis untuk mengembangkan kemampuan motorik siswa, olahraga bola bocce juga dapat melatih konsentrasi dan kemampuan sosialisasi siswa autis. oleh karena itu, sangat diharapkan pembelajaran ini mampu dikembangkan dan diterapkan di sekolah-sekolah lain. The aim of the research is to gain the descriptions data about the Sport Learning of Bocce Ball for autism students. The research was being held in Sekolah Luar Biasa Negeri 02 Jakarta researching the sport Learning of bocce ball for autism students at eight and nine grade of autism class. Description Qualitative was the method through collecting data by observed, interviewed done by asking several important question based on the subject research. The writer also gain the documentation by collecting pictures of learning process. The result of this research were shown to us that sport learning of bocce ball was held with using modification curriculum that made by teacher and beside autism, student with mental disfunction was also join the activity. Teacher used simulation and conversation method in sport lesson, and also used one set of bocce ball, whistle, flag, linear measure and stopwatch. The evaluation can be held with or without exam. Teacher class participated is one of the supported factor, in other hand emotional of autism student become a delay factor in sport learned. Implication of its result is that the sport learning of bocce is appropriate for improve the skill of motor, focus and socialize for autism students. Because of that, the expectation in this research is the bocce ball can be develop and be held in other school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Purwani Budi Ast 2) Drs. Nirsantono Hasnul
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 28 Jun 2022 23:51
Last Modified: 28 Jun 2022 23:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30931

Actions (login required)

View Item View Item