SIKAP GURU TERHADAP SISWA YANG MENYONTEK DI SMAN 45 JAKARTA UTARA (SUATU SURVEY YANG DILAKUKAN PADA GURU DI SMA NEGERI 45 JAKARTA UTARA)

MEILIZA, . (2011) SIKAP GURU TERHADAP SISWA YANG MENYONTEK DI SMAN 45 JAKARTA UTARA (SUATU SURVEY YANG DILAKUKAN PADA GURU DI SMA NEGERI 45 JAKARTA UTARA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
abstrak indonesia.pdf

Download (7kB)
[img] Text
ABSTRAC.pdf

Download (5kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (22kB)
[img] Text
BAB II .pdf

Download (56kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (38kB)
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (43kB)
[img] Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (9kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (8kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran mengenai sikap guru terhadap perilaku menyontek siswa di SMA Negeri 45 Jakarta Utara. Populasi penelitian ini berjumlah 50 orang guru dengan pengambilan sampel menggunakan teknik pengambil sampel sensus. Penelitian ini dilakukan dari bulan November sampai dengan bulan Juli 2011. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskripstif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan kuesioner atau angket tertutup dalam bentuk skala likert dengan empat pilihan jawaban alternatif yang berisi 60 item. Uji validitas instrument dilakukan dengan menggunakan Product Moment. Hasil uji validitas dikonsultasikan dengan r tabel sebesar 0.279, sedangkan untuk uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dan diperoleh 0,91 dengan kategorisasi sangat tinggi. Data penelitian dengan menggunakan statistik deskriptif, yakni dengan menghitung rerata, nilai minimal, nilai maksimal, rentang, standar deviasi,varians, dan median. Selain itu, data juga divisualisasikan dengan menggunakan tabel distribusi dan gambar. Hasil penelitian menunjukan bahwa sikap guru terhadap siswa yang menyontek di SMAN 45 Jakarta Utara adalah negatif yang maksudnya adalah sikap guru tidak mendukung siswa yang menyontek, yaitu sebesar 96% dengan jumlah responden 48 guru. Sedangkan pada kategori Positif sebesar 4% dengan jumlah responden 2 guru.Persentase Positif tertinggi terdapat pada indikator batasan perilaku menyontek sebesar 10% dengan responden 5 guru. Implikasi dari penelitian ini adalah membuat peraturan dan sanksi sangat efektif bagi guru yang tidak mendukung siswa yang menyontek.Hasil penelitian ini dapat dijadikan salah satu data awal untuk melakukan survei yang lebih mendalam mengenai sikap guru terhadap siswa yang menyontek di SMAN 45 Jakarta Utara This study aims to obtain an overview of teachers' attitudes toward cheating behavior of students at SMA 45 Jakarta Utara. The study population consists of 50 teachers with a sampling technique the sample census taker. The research was conducted from November until July 2011. The research method used is deskripstif research methods. The data collection is done by using a questionnaire or a questionnaire enclosed in the form of Likert scales with four alternate answer choices that contain 60 items. Test the validity of the instrument is done by using the Product Moment. Validity of test results in consultation with the r tables for 0279, while for the reliability test using Cronbach alpha and 0.91 obtained with the categorization is very high. Research data using descriptive statistics, ie by calculating the average, minimum value, maximum value, range, standard deviation, variance, and median. In addition, the data also visualized by using distribution tables and images. The results showed that the attitudes of teachers toward students who cheat in SMAN 45 Jakarta Utara is a negative point is the attitude of teachers do not support students who are cheating, that is equal to 96% by the number of respondents 48 teachers. While in the Positive category by 4% by the number of respondents 2 teachers.Persentase highest Positive behavioral limits contained in the indicators of cheating by 10% by the respondents five teachers. The implications of this research is to make rules and sanctions are very effective for teachers who do not support students who cheating resul this study can be one of the initial data to conduct a more in-depth survey of the attitudes of teachers toward students who cheat in SMAN 45 Jakarta Utara

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Anwar Kasim, M.Psy 2) Aip Badrujaman, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 29 Jun 2022 00:13
Last Modified: 29 Jun 2022 00:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30934

Actions (login required)

View Item View Item