PEMBELAJARAN ALAT MUSIK PIANIKA PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS EMPAT DI SDLB NEGERI BEKASI JAYA

NURFIWI MAGDALENA, . (2011) PEMBELAJARAN ALAT MUSIK PIANIKA PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS EMPAT DI SDLB NEGERI BEKASI JAYA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
PEMBELAJARAN ALAT MUSIK PIANIKA PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGA.pdf

Download (566kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui proses kegiatan pembelajaran alat musik pianika bagi siswa tunagrahita ringan. Dilihat dari kurikulum yang digunakan, tujuan, materi, media, metode dan evaluasi. Penelitian dilaksanakan di SLB Negeri Bekasi Jaya kelas empat tunagrahita ringan. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik analisis kualitatif ditampilkan dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi atau arsip dalam bentuk uraian tertulis yang menggambarkan penelitian di lapangan. Proses pembelajaran dilakukan sesuai dengan kurikulum dan tetap dilakukan penyesuaian terhadap kebutuhan dan kemampuan siswa. Metode yang digunakan dalam pembelajaran alat musik pianika ini adalah metode demonstrasi, Tanya jawab dan ceramah. Guru melakukan pembelajaran dengan tetap melakukan berdasarkan tahapan-tahapan untuk memudahkan siswa mengerti dan mampu memainkan alat musik dengan baik dan nyaman. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah pembelajaran yang dilakukan sesuai dengan tahapannya akan mampu membuat hasil dari proses pembelajaran menjadi maksimal. Selain itu, pembelajaran yang menggunakan hampir seluruh panca indera sangat mempengaruhi pemahaman daya ingat siswa terhadap pengetahuan. Intensitas kehadiran dari siswa tunagrahita untuk berlatih alat musik pianika sangat diperlukan, karena pelatihan juga mempengaruhi kemampuan anak dalam bermain. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran alat musik pianika ternyata mampu melatih motorik halus, daya ingat dan konsentrasi siwa. The purpose of this study was to find out the process of musical learning activities for students with mentally retarded. Judging from the curriculum used, purpose, materials, media, methods and evaluation. Research carried out at SLB Negeri Bekasi Jaya grade fourth. The study was conducted using a qualitative approach. Qualitative analysis techniques are shown from observations, interviews, and documentation or records in the form of a written description that describes research in the field. The results of this research is the study carried out in accordance with the stages will be able to make the outcome of the learning process becomes maximal. In addition, learning to use almost all five senses greatly affect students' understanding of knowledge retention. The intensity of the presence of the student with mentally retarded to practice a musical instrument pianika is necessary, because the training also affects children's ability to play. The implications of this research is that learning a musical instrument pianika also able to train fine motor skills, memory and student concentration.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Wuryani, M.Pd 2) Drs.Nirsantono Hasnul
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 29 Jun 2022 00:57
Last Modified: 29 Jun 2022 00:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30950

Actions (login required)

View Item View Item