SIKAP GURU TERHADAP SISWA YANG MENYONTEK DI SMAN 33 JAKARTA BARAT ( Suatu Survei yang dilakukan pada guru di SMAN 33 Jakarta Barat )

PATRICIA GITA PURNAMASARI, . (2011) SIKAP GURU TERHADAP SISWA YANG MENYONTEK DI SMAN 33 JAKARTA BARAT ( Suatu Survei yang dilakukan pada guru di SMAN 33 Jakarta Barat ). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK REVISI SIDANG INGGRIS.pdf

Download (50kB)
[img] Text
ABSTRAK REVISI SIDANG GEE.pdf

Download (50kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (92kB)
[img] Text
bab3 gee SIDANGprint.pdf

Download (213kB)
[img] Text
bab 1 petiiiiiiiiii SIDANG GEE.pdf

Download (115kB)
[img] Text
bab 2 petiii SIDANG GEE.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB 5 GEE REVISI SIDANG.pdf

Download (63kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA geeSIDANG PRINT.pdf

Download (57kB)
[img] Text
DAFTAR ISI OK.pdf

Download (59kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR GEE SHP.pdf

Download (49kB)
[img] Text
surat pernyataan SIDANG GEE.pdf

Download (65kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran sikap guru terhadap siswa yang menyontek berdasarkan fakta sebagaimana adanya di SMAN 33 Jakarta Barat. Populasi penelitian ini seluruh guru SMAN 33 Jakarta Barat sejumlah 50 orang dengan pengambilan sampel menggunakan teknik pengambilan sampel Sensus, yaitu 50 orang. Penelitian ini dilakukan sejak bulan Juli 2010 sampai dengan Maret 2011. Motode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif yang berupa survei. Pengumulan data dilakukan dengan menggunakan angket tertutup dalam bentuk skala likert dengan empat alternatif pilihan jawaban yang berisi 60 item. Uji validatas instrumen dilakukan dengan menggunakan Product Moment. Hasil uji validitas dikonsulasikan dengan rumus rtabel sebesar 0,279 sedangkan untuk uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dan diperolah rII sebesar 0,895 yang menunjukan bahwa instrumen memilki tingkat reliabilitas sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukan bahwa sikap guru terhadap siswa yang menyontek di SMAN 33 Jakarta Barat adalah pada indikator batasan menyontek guru mendukung batasan siswa menyontek sebanyak 56%. Pada indikator bentuk-bentuk menyontek sebanyak 52% guru mendukung dan pada indikator cara mengatasi siswa menyontek terdapat 56% guru tidak mendukung. Berdasarkan hasil tersebut dapat dilihat bahwa guru memahami batasan dan bentuk-bentuk menyontek siswa akan tetapi memiliki kecenderungan tidak mengatasi hal tersebut. Implikasi dari penelitian ini adalah membuat peraturan dan sangsi bagi guru yang mendukung siswa yang menyontek. Selain itu peneliti implikasi bagi jurusan Bimbingan Konseling untuk memberikan program seminar yang berkenaan dengan peran guru serta membahas sikap guru yang harus ditunjukan bagi siswa yang menyontek adalah tidak mendukung. Hasil penelitian ini dapat pula dijadikan sebagai salah atu data awal untuk melakukan survei yang lebih mendalam mengenai sikap guru terhadap siswa yang menyontek di SMAN 33 Jakarta Barat The purpose of this work is to desceibe the attitudes of teachers towards students who cheat on the facts as they exist in West Jakarta SMAN 33. In the study population is all teachers west of West Jakarta SMAN 33 about 50 people in the sample using Census sampling technique, which is 50 people. The study was conducted from January 2011 until March 2011. Methods of research used is descriptive research method in the form of surveys. The file was collected using a questionnaireen closed in the form of Likert scales with four alternate answer choices that contain 60 items. Test the validity of the instrument is done by using the Product Moment. Validity of test results in consultation with the formula rtabel of 0.279 while for the reliability test using Cronbach alpha and RII of 0.895 obtained indicating that the instrument has an extremely high level of reliability. The results showed that the attitudes of teachers toward students who cheat in West Jakarta SMAN 33 is the indicator of teacher cheating limit restrictions supported students cheat as much as 56%. In the indicator forms of cheating as much as 52% of teachers support the indicators and how to deal with cheating students are 56% of teachers do not support. Based on these results can be seen that the teachers understand the restrictions and other forms of cheating, but students will have a tendency not over come it. The implications of this research is to establish rules and sanctions for teachers who support students who cheat. In addition researchers majoring in Guidance Counseling implications for programs to provide seminars on the role of the teacher and discuss the attitudes of teachers should be presented to students that cheating is not supported. These results can also be used as one of the initial data to conduct more in-depth survey of the attitudes of teachers toward students who cheat in West Jakarta SMAN 33

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Sri Hastoeti Soerjotomo 2) Dr. Awaluddin Tjalla
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 29 Jun 2022 01:07
Last Modified: 29 Jun 2022 01:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/30954

Actions (login required)

View Item View Item