DESIGNING ICT COMPETENCES – INTEGRATED SYLLABUSES OF WRITING COURSES (Design and Development Study of English Language Education Study Program Syllabuses)

Syarifah Syifa, . (2019) DESIGNING ICT COMPETENCES – INTEGRATED SYLLABUSES OF WRITING COURSES (Design and Development Study of English Language Education Study Program Syllabuses). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (268kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (335kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text
ACKNOWLEDGEMENT.pdf

Download (205kB)
[img] Text
APPENDICES.pdf

Download (3MB)
[img] Text
CHAPTER I.pdf

Download (284kB)
[img] Text
CHAPTER III.pdf

Download (438kB)
[img] Text
CHAPTER IV.pdf

Download (758kB)
[img] Text
CHAPTER V.pdf

Download (255kB)
[img] Text
REFERENCES.pdf

Download (271kB)
[img] Text
TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (416kB)
[img] Text
APPENDICES.pdf

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sangat mempengaruhi bidang pendidikan. TIK memberikan pelajaran lebih berkualitas melalui kolaborasi dengan guru dalam merencanakan dan menyiapkan sumber pembelajaran. TIK juga dapat mengembangkan beberapa keterampilan menulis: pengejaan, tata bahasa, tanda baca, pengeditan, dan penyusunan ulang. TIK muncul sebagai strategi untuk memperbaiki kesulitan siswa dan memberikan perkembangan keterampilan menulis siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang kompetensi TIK silabus terpadu mata kuliah menulis untuk Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (ELESP) dengan menganalisis silabus menulis yang ada dari 5 universitas di Indonesia. Analisis ini melibatkan kompetensi TIK yang diusulkan oleh UNESCO, Digital Media Descriptors dari English Profiling Grid (EPG) dan teori berbasis TIK lainnya. Peneliti menggunakan Desain dan Pengembangan Penelitian (DDR) sebagai desain penelitian dan penelitian kualitatif sebagai metode penelitian. Tahapan DDR yang digunakan dalam penelitian ini ialah analisis kebutuhan; menyatakan tujuan; mengembangkan silabus awal, mengevaluasi silabus awal,dan merevisi silabus prototipe. Sumber data penelitian ini ialah 14 silabus mata kuliah menulis Pendidikan Bahasa Inggris. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi TIK sebagian besar teintegrasi dalam komponen Metode Pembelajaran dan Media dalam silabus. Tingkat kompetensi ICT paling banyak diterapkan dalam silabus yang ada adalah tingkat pendalaman pengetahuan (Knowledge Deepening). Namun, integrasi atau infusi kompetensi TIK dapat secara eksplisit dan implisit disebutkan dalam silabus mata kuliah menulis. Penelitian ini memberikan prosedur integrasi TIK dan desain silabus kompetensi menulis yang terintegrasi TIK; Menulis Dasar, Menulis Profesional, Menulis Kreatif dan Menulis Akademik. Silabus yang diusulkan menerapkan berbasis keterampilan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Darmahusni, M.A. ; 2) Dr. Siti Drivoka Sulistyaningrum, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Inggris
Divisions: FBS > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 27 Sep 2019 15:14
Last Modified: 27 Sep 2019 15:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31

Actions (login required)

View Item View Item