PENINGKATAN KEMAHIRAN MENULIS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK SISWA KELAS X DI SMA ISLAM ASY-SYAFI’IYAH 01 JAKARTA

Ishmah Muwahhidah, . (2016) PENINGKATAN KEMAHIRAN MENULIS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR UNTUK SISWA KELAS X DI SMA ISLAM ASY-SYAFI’IYAH 01 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Ishmah Muwahhidah 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan di SMA Islam As-syafi’iyah 01 Jakarta pada bulan April – Mei 2016. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemahiran menulis terikat dalam pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas 1 SMA Islam As-Syafi’yah 01 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindak kelas. Sumber data dalam penelitian ini mencakup siswa kelas 1 SMA Islam As-Syafi’iyah 01 Jakarta yang berjumlah 40 siswa. Penelitian Tindak Kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model siklus dari Stephen Kemmis & Robin Mc Taggart. Penelitian Tindak Kelas ini dilakukan melalui empat tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil peningkatan kemahiran menulis terikat diperoleh dari hasil evaluasi di akhir kegiatan penelitian dengan memberikan soal berjumlah 15 soal. Hasil yang diperoleh pada setiap siklus adalah : siklus I nilai rata-rata peningkatan kemahiran menulis terikat dalam pembelajaran Bahasa Arab pada siswa SMA Islam As-Syafi’iyah 01 Jakarta adalah 63,9, pada siklus II nilai rata-rata peningkatan kemahiran menulis terikat dalam pembelajaran Bahasa Arab pada siswa SMA Islam As-Syafi’iyah 01 Jakarta menjadi 72,9. Implikasi hasil penelitian menggunakan media gambar untuk meningkatkan kemahiran menulis terikat dalam pembelajaran Bahasa Arab pada siswa SMA Islam As- Syafi’iyah 01 Jakarta adalah pada siklus I mencapai rata-rata nilai 63,9, nilai ini belum mencapai hasil yang diharapkan, karena para siswa belum beradaptasi dan belum terbiasa dengan media ini. Dan pada siklus II peneliti melaksanakan proses pembelajaran kosakata dengan langkah-langkah yang telah dilaksanakan pada siklus I yang membedakan adalah peneliti memberikan gambar lebih bervariasi, sehingga siswi tidak merasakan kebosanan, dan terpecahnya konsentrasi mereka. Dan gambar-gambar inilah yang menjadikan siswa mampu untuk meningkatkan kemahiran menulis terikat. Maka rata-rata hasil ujian siklus II mencapai 72,9, atau indicator pencapaian berhasil diraih, 30 siswi mencapai hasil ujian ±70 sehingga 75% dari jumlah siswa mencapai م hasil yang diharapkan. Hasil ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemahiran menulis terikat dalam belajar bahasa Arab pada siswa SMA As-Syafi’iyah 01 Jakarta Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa media gambar memberi peningkatan pada kemahiran menulis terikat dalam belajar Bahasa Arab siswa SMA Islam As-syafi’iyah 01 Jakarta. Dengan demikian media gambar ini dapat digunakan sebagai salah satu media dalam pembelajaran menulis terikat sehingga siswa menjadi senang dan merasa lebih mudah dalam mempelajari kemahiran menulis Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr.Zuriyati M.Pd. ; 2). Muhammad Kamal M.A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 29 Jan 2020 11:25
Last Modified: 29 Jan 2020 11:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3101

Actions (login required)

View Item View Item