PERBANDINGAN METODE MENGAJAR DEMONSTRASI DAN PEMBERIAN TUGAS TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING FUTSAL MENGGUNAKAN SISI KAKI BAGIAN DALAM PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA MARKATIN JAKARTA TIMUR

M. RIO TUNGGARA, . (2018) PERBANDINGAN METODE MENGAJAR DEMONSTRASI DAN PEMBERIAN TUGAS TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING FUTSAL MENGGUNAKAN SISI KAKI BAGIAN DALAM PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA MARKATIN JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Pdf Skripsi Rio.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan Perbandingan Metode mana yang lebih efektif antara Metode Mengajar Demonstrasi dengan Metode Mengajar Pemberian Tugas terhadap hasil belajar Passing Futsal Menggunakan sisi kaki bagian dalam pada peserta didik kelas XI SMA Markatin Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan dilapangan sekolah SMA Markatin, Kelurahan Rawamangun, Kecamatan Pulo Gadung, Kota Administrasi Jakarta Timur. Penelitian ini dimulai pada tanggal 24 Agustus 2016 sampai dengan tanggal 25 Oktober 2017, jadwal pengambilan tes awal pada hari kamis, sedangkan pemberian perlakuan pembelajaran dan tes akhir setiap hari Rabu pukul 07.30 WIB hingga pukul 09.00 WIB. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 12 kali pertemuan dengan menggunakan metode eksperimen ( 6 kali Demonstrasi dan 6 kali Pemberian Tugas ) dengan jumlah populasi 42 anak didalam kelas XI Ipa dan Ips di SMA Markatin Jakarta Timur. Tetapi hanya 30 sampel yang diambil dalam penelitian ini, Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik Random Sampling. ii ( Peserta didik mengambil undian nomor yang nanti akan menjadi nomor absen Peserta didik sebagai pengambilan data ) Setelah didata, dilakukan tes awal pada siswa yang didata. lalu dari rangking tersebut siswa diacak dengan nomor genap dan ganjil, yang ganjil (A1) akan mendapat perlakuan dengan menggunakan Metode Mengajar Demonstrasi dan yang genap (A2) akan mendapat perlakuan dengan menggunakan Metode Mengajar Pemberian Tugas. Setelah pembagian kelompok selesai maka mulai memberikan perlakuan kepada masing-masing kelompok dan diakhiri dengan tes akhir atau pengambilan data akhir instrumen tes yang digunakan adalah Passing Futsal Sisi kaki bagian dalam tes dengan reliabilitas sebesar 0,566. teknik analisa data yang digunakan adalah analisa data uji “t” dimulai dengan menghitung thitung untuk dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikasi = 0,05. Hasil analisa data adalah sebagai berikut: 1. Kelompok Metode Mengajar Pemberian Tugas memperoleh rata-rata sebesar 9,4. Lalu nilai standar deviasi mendapatkan nilai sebesar 2,95 Sedangkan nilai standar error mendapatkan nilai sebesar 0,25. Dari semua itu Metode Mengajar Demonstrasi mendapatkan nilai thitung sebesar 37,6 dengan ttabel 2,048. iii 2. Kelompok Metode Mengajar Pemberian Tugas memperoleh rata-rata sebesar 7,93. Lalu nilai standar deviasi mendapatkan nilai sebesar 3,47. Sedangkan nilai standar error mendapatkan nilai sebesar 0,93. Dari semua itu kelompok Metode Mengajar Pemberian Tugas mendapatkan nilai thitung sebesar 8,5 dengan ttabel 2,048. Pada tes akhir kedua kelompok ini memperoleh nilai standar deviasi dari Metode mengajar Demonstrasi 2,67 dan Metode Mengajar Pemberian Tugas 2,23. Nilai standar error perbedaan mean 0,384, lalu t hitung sebesar 2,0644 dan nilai t tabel 2,048 dengan taraf signifikan =0,05 , sehinga thitung lebih besar dari ttabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Metode Mengajar Demonstrasi lebih efektif daripada Metode Mengajar Pemberian Tugas dalam meningkatkan hasil belajar Passing Futsal menggunakan sisi kaki bagian dalam pada Peserta didik kelas XI SMA Markatin Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Yusmawati, M.Pd ; 2). Andri Irawan, M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga > Sepakbola
Divisions: FIO > Penjaskesrek
Depositing User: Users 10553 not found.
Date Deposited: 29 Jun 2022 06:30
Last Modified: 29 Jun 2022 06:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31017

Actions (login required)

View Item View Item