MANAJEMEN KURIKULUM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU BERASRAMA YAYASAN PERGURUAN ISLAM DARUL HIKMAH (YAPIDH) BEKASI

YUYUN RATNASARI SUPARWI, . (2012) MANAJEMEN KURIKULUM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU BERASRAMA YAYASAN PERGURUAN ISLAM DARUL HIKMAH (YAPIDH) BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (52kB)
[img] Text
Abstrak Bhs Inggris.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB IV KURIKULUM.pdf

Download (178kB)
[img] Text
BAB V KURIKULUM.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB 1 Kurikulum.pdf

Download (54kB)
[img] Text
BAB II Kurikulum.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB III KURIKULUM.pdf

Download (54kB)
[img] Text
BAB VI KURIKULUM.pdf

Download (67kB)
[img] Text
Daftar Riwayat Hidup.pdf

Download (82kB)
[img] Text
Daftar Pustaka KURIKULUM.pdf

Download (50kB)
[img] Text
Lmbr Persetujuan Komisi pembimbing.pdf

Download (49kB)
[img] Text
Hasil wawancara Kurikulum.pdf

Download (100kB)
[img] Text
Lembar Persembahan.pdf

Download (204kB)
[img] Text
LEembar judul.pdf

Download (60kB)
[img] Text
kata pengantar dan daftar isi.pdf

Download (100kB)
[img] Text
Surat Keaslian Skripsi.pdf

Download (127kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Manajemen Kurikulum Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Berasrama Yayasan Perguruan Darul Hikmah Bekasi. Penelitian ini berfokus pada Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, Pengawasan dan Kendala yang manajemen Kurikulum di SMPIT Berasrama Yapidh Bekasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMPIT Berasrama Yapidh Bekasi pada pertengahan bulan Desember 2011 sampai dengan bulan Januari 2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pedoman wawancara, dan studi dokumen. Key Informan dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, sedangkan informasi tambahan adalah wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru I, guru II, Kepala pesantren/asrama dan guru pesantren. Dari hasil penelitian ini diperoleh gambaran bagaimana manajemen kurikulum berasrama dijalankan dalam hal perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan juga diperoleh informasi kendala-kendala yang terjadi dalamnya. Kegiatan perencanaan meliputi, Merumuskan Visi dan Misi sekolah/satuan pendidikan., tujuan Pendidikan Satuan Pendidikan (program semester dan program tahunan) dan Menyusun Kalender Pendidikan, pengorganisasian meliputi adanya pembagian tugas atau pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan, keahlian, bakat masing-masing (Pembagian tugas mengajar), Penentuan struktur dan isi program, pemilihan dan pengorganisasian kegiatan pembelajaran (menyusun jadual KBM) dan Pemilihan sumber, alat dan sarana pembelajaran, dan Penentuan cara mengukur hasil belajar, pelaksanaan meliputi kegiatan penyusunan rencana dan program pembelajaran : Silabus dan RPP, penjabaran materi (kedalam dan keluasan), penentuan strategi dan metode pengajajaran, penyediaaan sumber alat dan sarana, penetuan cara dan alat penilaian proses hasil belajar Setting lingkungan pembelajaran dan pengawasan meliputi kegiatan, monitoring, supervisi administrasi kurikulum dan evaluasi program. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah diperlukannya kerjasama yang lebih baik antara yayasan dengan semua lini pendidikan dibawahnya, agar tidak ada satu lini yang merasa lebih menguasai kebijakan-kebijakan sekolah. Selain itu kegiatan manajemen kurikulum juga harus mendapat prioritas di dalam pembenahan yang utama terutama pembenahan di lini pesantren yang diharapan tetap menjadi keunggulan dan daya tarik orangtua murid untuk dapat menyekolahkan anaknya di SMPIT Berasrama Yapidh Bekasi. Saran untuk kepala pesantren agar lebih dapat menjalin kerjasama yang efektif untuk perbaikan The purpose of this study was to determine the Curriculum Management Learning in Secondary School Education Foundation ISAM boarding DarulHikmahBekasi. This study focuses on Planning, Implementation or Execution, Supervision and Curriculum Constraints and management strategies in SMPIT boarding YapidhBekasi. The research was conducted in BekasiYapidh SMPIT boarding in mid December 2011 until January 2012. The method used in this study is qualitative research methods with descriptive analytic approach. The data was collected using interview guides, and study the document. Key informants in this study is the head of school, while additional information is deputy head of the school curriculum, teacher I, teacher II, head of boarding / boarding schools and teachers. From the results of this study provide a general description how to run a boarding curriculum management in planning, execution / implementation, supervision and also obtained information constraints and strategies that occur therein. Activities include planning, requirements analysis, formulating the Vision, Mission, goals and school competence, analysis of content standards, preparation of the annual program planning and implementation of learning, the burden of learning and educational calendar. Implementation of activities / implementation include, learning activities, extracurricular activities and assessment. Activity monitoring / control include, monitoring, supervision and evaluation program. The implications of this research is the need for better cooperation between all levels of education with a foundation under it, so there is not one line that feels more menuasai school policies. Besides curriculum management activities must also be given priority on revamping dalamd the boarding line, especially in the expected improvement remains a superior power to pull parents can send their children to secondary school Islamic boarding Integrated YapidhBekasi. Advice to school principals and heads of schools to be more effective cooperation for the improvement SMPIT Yapidh boarding

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Matin, M.Pd 2) Drs. Supadi, M.Pd
Subjects: Manajemen > Manajemen , Business
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 29 Jun 2022 08:07
Last Modified: 29 Jun 2022 08:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31033

Actions (login required)

View Item View Item