HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS PADA SMA NEGERI 50 DI JAKARTA TIMUR

ASRI HAPSARI, . (2011) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS PADA SMA NEGERI 50 DI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ASRI HAPSARI.pdf

Download (617kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 50 Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung sejak bulan November 2010 sampai Januari 2011. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional, sedangkan data yang diperoleh berasal dari data primer dan sekunder. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X, kelas XI IPS, dan kelas XII IPS SMA Negeri 50 Jakarta Timur yang berjumlah 640 siswa, dan populasi terjangkaunya adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 177 siswa. Sampel yang digunakan adalah 90 orang siswa dengan menggunakan teknik Stratified Proportional Random Sampling. Data variabel X (Motivasi Berprestasi) merupakan data primer, instrumen yang digunakan adalah berbentuk kuesioner dengan Skala Likert dan variabel Y menggunakan data sekunder yang berdasarkan nilai ujian tengah semester. Sebelum digunakan dilakukan uji validitas konstruk (Construct Validity) melalui proses validasi yaitu perhitungan koefisien korelasi skor butir dengan skor total dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas variabel X (Motivasi Berprestasi) sebesar 0,900. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah dengan mencari persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ = 15,00 + 0,552 X. Selanjutnya adalah uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan menggunakan uji lilifors dan diperoleh Lhitung (Lo) = 0,078 sedangkan Ltabel (Lt) = 0,093 pada taraf signifikansi 0,05 maka Lhitung< Ltabel. Hal ini berarti galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Untuk uji keberartian regresi diperoleh Fhitung (61,03) < Ftabel (3,96), ini membuktikan bahwa regresi berarti. Sedangkan uji kelinieran menghasilkan Fhitung (0,95) < Ftabel (1,65), ini berarti model regresi yang dipakai linier. Uji koefisien korelasi product moment menghasilkan rxy = 0,640. Kemudian dilanjutkan dengan uji signifikansi koefisien dengan menggunakan uji-t. Hasil yang diperoleh adalah thitung (7,81) > ttabel (1,67). Dari perhitungan ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar ekonomi. Dengan uji koefisien determinasi hasil yang diperoleh sebesar rxy 2 = (0,640)2 = 0.4095. Hal ini berarti sebesar 40,95% variasi hasil belajar ekonomi ditentukan oleh motivasi berprestasi. Hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 50 Jakarta Timur. The purpose of this research is to know the relation between Achievement Motivation with Student’s Learning Outcomes Study of Economics in The Class of IPS at SMAN 50 East Jakarta. This research has done from during three month since November 2010 until January 2011. Research method using method with correlation approach, while the data from primary and secondary data. The population research was all of student from X class, XI social class, and XII social class SMAN 50 of East Jakarta is 640 students. While the research of population were 177 students from the class of IPS and 90 students for sample. The sampling technique was conducted by proportional random sampling. Collecting X variable data (Achievement Motivation) using instrument of questionnaire with Likert Scale and Y variable using score of mid test. Before that for X variable and Y variable it has construct validity test by validation process, that is correlation coefficient valuing score with total score and reliability test using Alpha Cronbach Formula. Reliability X variable (Achievement Motivation) is 0,900. The analysis test by finding regression equation, that is Ŷ = 15,00 + 0,552 X. After that, data normality test by using lilifors formula and the result is Lcount (Lo) = 0,078 and Ltable (Lt) = 0,093 in significant level 0,05, so Lcount < Ltable mean that be mistake of prediction regression Y to X has normal distribution. For regression significance test and result, Fcount (61,03) < Ftable (3,96), showing that, it has regression. While regression linearity test, Fcount (0,95) < Ftable (1,65), showing that regression is linier. The result of product moment test is rxy = 0,640, continued by using correlation significance test with ttest. Continuing result, is tcount (7,81) > ttable (1,67). From this counting, node that, it has significant relation the use of Achievement Motivation with Outcomes Learning of Student. Beside that, the result of determination coefficient test is r 2 xy = (0,640)2 = 0.4095. That means is variation student’s Economic Learning Outcomes variable determinate by 40,95% variation of Achievement Motivation. The conclusion shown that research have positive correlation between Achievement Motivation with Student’s Learning Outcomes Study of Economics in The Class of IPS at SMAN 50 East Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. I Ketut R. Sudiarditha, M.Si, 2) Ari Saptono, SE.,M.Pd,
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 29 Jun 2022 08:26
Last Modified: 29 Jun 2022 08:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31036

Actions (login required)

View Item View Item