HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI EKSTRINSIK DENGAN HASIL BELAJAR STENOGRAFI PADA SISWA SMKN 14 JAKARTA PUSAT

ATIKAH, . (2012) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI EKSTRINSIK DENGAN HASIL BELAJAR STENOGRAFI PADA SISWA SMKN 14 JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ATIKAH.pdf

Download (598kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara motivasi ekstrinsik dengan hasil belajar Stenografi pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 14 Jakarta Pusat. Penelitian ini dilakukan selama enam bulan terhitung mulai bulan Juli sampai Desember 2011. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 14 Jakarta Pusat sebanyak 285 siswa dan populasi terjangkau dari penelitian ini adalah siswa kelas XI konsentrasi Administrasi Perkantoran sebanyak 76 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 62 siswa dengan menggunakan teknik acak proporsional. Data variabel Y (Hasil Belajar) merupakan data sekunder yang didapat dari rata-rata nilai ulangan harian siswa. Sedangkan untuk mendapat data variabel X (motivasi ekstrinsik), instrumen yang digunakan adalah berbentuk kuesioner. Sebelum digunakan, dilakukan uji validitas konstruk (Construct Validity) melalui proses validasi yaitu perhitungan koefisien korelasi skor butir dengan skor total dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas instrumen variabel X (motivasi ekstrinsik) sebesar 0,802. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah dengan mencari persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ = 26,34 + 0,631X. Hasil uji normalitas galat taksiran Y terhadap X menggunakan uji Lilliefors dan diperoleh Lo = 0,079 dibandingkan dengan Ltabel pada taraf signifikansi 0,05 adalah 0,113. Karena Lo < Lt, maka variabel X dan Y berdistribusi normal. Pengujian hipotesis dengan uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung (31,07) > Ftabel (4,00) yang berarti persamaan regresi tersebut signifikan. Uji keliniearan regresi menghasilkan Fhitung (1,02) < Ftabel (1,89) sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Uji koefisien korelasi Product Moment menghasilkan rxy sebesar 0,584. Selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji�t, menghasilkan thitung (5,57) > ttabel (1,67). Hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi ekstrinsik dengan hasil belajar. Dengan uji koefisien determinasi atau penentu diperoleh hasil 34,11 % variasi hasil belajar (Y) ditentukan oleh motivasi ekstrinsik (X). The Purpose of this research is to know the correlations between Extrinsic Motivation with Achievement of Student Vocational High Schools at Central Jakarta. This research have been done for 6 months since July until December 2011. The method of research is survey method with correlational approach, while the data is got from instrument and secunder data. The populations research was all of XI students with total 285, while the research of populations were XI administration office students with total 76, with 62 students for sampling. Variable data Y (Achievement) is secunder data from average of daily test. Collecting X variable data (Extrinsic Motivation) used likert scale, before that it had construct validity test by validation process, that was correlation coefficient valuing score with the total score and reliability test using Alpha Cronbach formula. Reliability X variable (Extrinsic Motivation) was 0,802. The analysis test by finding regression equation, that is Ŷ = 26,34 + 0,631X. After that, data normality test by using Lilliefors formula and the result was Lcount = 0,079 in significance level 0,05 and Ltable = 0,113. so Lcount < Ltable, mean that the mistake of prediction regression Y to X has normal distribution. For regression significance test and the result was, Fcount (31,07) > Ftable (4,00), showing that regression was significance. While regression linearity test, Fcount (1,02) < Ftable (1,89), showing that regression was linear. The result of product moment of correlations coefficient test was rxy = 0,584 continued by using correlations coefficient significance test with t-test. Counting result was, tcount (5,57) > ttable (1,67) and so tcount > ttable. It means that there were significance and positive correlations between Extrinsic Motivation and Achievement. Beside that, the result of determination coefficient test was 34,11%, it means that Achievement variable determined by 34,11% Extrinsic Motivation variable. The conclusion of the research has shown that there was a positive correlations between Extrinsic Motivation with Achievement of Students State Vocational High Schools 14 Central Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Nuryetty Zain, MM 2) Dra. Sri Zulaihati, M.Si,
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 29 Jun 2022 08:33
Last Modified: 29 Jun 2022 08:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31037

Actions (login required)

View Item View Item