HUBUNGAN ANTARA PENERIMAAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI PADA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

CHAIRUNNISSA, . (2011) HUBUNGAN ANTARA PENERIMAAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI PADA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
CHAIRUNNISSA.pdf

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data yang valid serta dipercaya mengenai apakah penerimaan kelompok teman sebaya memiliki hubungan dengan prestasi akademik. Data dikumpulkan dengan menggunakan survei pada 78 mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta dengan teknik pengambilan sample menggunakan teknik propotionate random sampling. Survei dilakukan dengan penyebaran kuesioner terhadap sample yang telah ditentukan. Skor self – report penerimaan kelompok teman sebaya didapat dengan pemberian kuesioner dengan skala tipe Likert. Sementara untuk prestasi akademik digunakan nilai Indek Prestasi Kmulatif (IPK) mahasiswa selama 5 semester yaitu semester 089 – 093 selama tahun akademik 2008 – 2011 dari setiap subjek. Sample penelitian diambil dari Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Jakarta Tahun 2008 kelas reguler dan non reguler sebanyak 78 orang mahasiswa. Persamaan regresi dalam penelitian ini adalah Ŷ = 2.236 + 0.011X. Dari persamaan tersebut, dilakukan uji persyaratan analisis dengan uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji Liliefors didapat Lo < Lt (0.0628 < 0.1003). Hal itu berarti data berdistribusi normal. Pada uji kelinieran regresi didapat hasil Fh < Ft (1.28 < 1.84) yang dapat disimpulkan bahwa model regresi berbentuk linier. Sedangkan untuk uji keberartian didapat Fh > Ft (23.58 > 4.00) yang menandakan bahwa persamaan regresi berarti. Hasil uji koefisien korelasi dengan menggunakan product moment dari Pearson diperoleh nilai rxy = 0,494. Hal ini berarti terdapat hubungan yang positif antara penerimaan kelompok teman sebaya dengan prestasi akademik mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Pada Fakultas Ekonomi, Univeritas Negeri Jakarta. Dari perhitungan uji – t didapat thitung > ttabel, yaitu 4.956 > 1.69 yang menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara variabel X yaitu penerimaan kelompok teman sebaya dengan variable Y yaitu prestasi akademik. Dari hasil perhitungan diperoleh koefisien determinasi 24.4% sehingga dapat dikatakan bahwa variable Y prestasi akademik ditentukan oleh variable X penerimaan kelompok teman sebaya sebesar 24.4%. This research was purposed to obtain valid and reliable data about whether the peer group acceptance correlation with academic achievement. Data were collected using a survey on 78 students of Accounting Education Student at Faculty of Economics, Universitas Negeri Jakarta with a sampling technique using propotionate random sampling. The survey was conducted by distributing questionnaires to the samples who have determined. Scores of self – report peer group acceptance report obtained by giving questionnaires with Likert type scale. While the academic achievement is used to index the value of a Grade Point Average (GPA) students of the semester for about 5 semesters 089 – 093 during the academic year 2008 to 2011 of every subject. Research samples was taken from Accounting Education Student at Faculty of Economics, Universitas Negeri Jakarta Year 2008 regular and non regular classroom as many as 78 students. The regression equation in this research is Ŷ = 2.236 + 0.011X. From this equation, test requirements analysis conducted by the normality test error estimate the regression of Y on X obtained by test Liliefors Lo <Lt (0.0628 <0.1003). It mean the data are normally distributed. On the linearity The regression test we got the result Fh <Ft (1.28 < 1.84) which can be concluded that the regression model is linear. As for the meaningful test obtained Fh>Ft (23.58 > 4.00) which indicates that the regression equation is meaning. The test results by using the correlation coefficient of Pearson product moment values obtained rxy=0.494. This means there is a positive correlation between peer group acceptance with the academic achievement of students in Accounting Education Program Student at Faculty of Economics, University of Jakarta. From the test calculations obtained thitung> ttable, is 4956>1.69 indicating a significant correlation between variable X that is peer group acceptance a variable Y that is academic achievement. From the results obtained by calculating the coefficient of determination 24.4% so it can be said that the academic achievement variable Y is determined by the variable X peer group acceptance of 24.4%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Santi Susanti, S.Pd, M.Ak, 2) Ati Sumiati, S.Pd, M.Si,
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Akuntansi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 29 Jun 2022 09:12
Last Modified: 29 Jun 2022 09:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31042

Actions (login required)

View Item View Item