DEWI ERLIANASARI., . (2011) PENGARUH KUALITAS PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN ANGGOTA PADA KOPERASI INDUSTRI KAYU DAN MEUBEL (KIKM) DI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
DEWI ERLIANASARI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh kualitas promosi terhadap volume penjualan anggota pada Koperasi Industri Kayu dan Meubel (KIKM) di Jakarta Timur. Penellitian ini dilakukan selama dua bulan terhitung dari bulan Mei sampai dengan bulan Juni 2011. Metode dalam penelitian ini adalah survei dan pendekatan regresi sederhana.sebelum penelitian final dilaksanakan, peneliti melakukan penelitian uji coba untuk menentukan validitas instrumen. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan pada 35 sampel anggota koperasi tidak tetap, pada instrumen variabel X (kualitas promosi) ditemukan 4 butir pernyataan yang drop, sehingga instrumen variabel X yang digunakan untuk penelitian final sebanyak 30 butir pernyataan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota tetap KIKM sebanyak 237 anggota. Sedangkan populasi terjangkaunya adalah 84 anggota dan sampel yang digunakan sebanyak 42 angota. Persamaan regresi dalam penelitian ini adalah Ŷ = -327.15 + 5.557X. Dari persamaan tersebut dilakukan uji persyaratan analisis dengan uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors didapat Lo < Lt (0,05 < 0, 137). Hal ini berarti data berdistribusi normal. Pada uji kelinieran regresi didapat hasil Fh < Ft (1,99 < 2,15) yang dapat disimpulkan bahwa model regresi berbentuk linier. Sedangkan untuk uji keberartian didapat Fh > Ft (20,54 > 4, 08) yang menandakan bahwa persamaan regresi signifikan. Hasil uji koefisien korelasi dengan menggunakan product moment dari Pearson diperoleh nilai rxy = 0,582. Hal ini berarti terdapat hubungan yang positif antara kualitas promosi dengan volume penjualan anggota pada Koperasi Industri Kayu dan Meubel (KIKM) di Jakarta Timur. Dari perhitungan uji-t didapat t-hitung > ttabel, yaitu 4,53 > 1,68 yang menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara variabel X kualitas promosi dengan variabel Y volume penjualan anggota di Koperasi Industri Kayu dan Meubel (KIKM) Jakarta Timur. Dan nilai koefisien determinasi sebesar 33,93% yang menunjukkan bahwa sebesar 33,93% volume penjualan anggota ditentukan oleh kualitas promosi. The purpose of this research is to get information about how far the effect of the quality of promotion toward the trade volume members at the Furniture and Wood Industrial Cooperation (KIKM) in East Jakarta. This research be done during two months, be calculated during Mei-June. Method of this research that be used is survey method with regression approach. Before the final research be implemented, researcher has held the experimental research in order to decided validity of instrument. Based on the result of experiment that be done on 35 samples in variable of X instrument (Quality of romotion) was founded 4 items of the statement which get drop. So that instrument of variable X that be used to final research is 30 statements.The population of this research are all members of KIKM, the reached population are 42 members. The simple liniear regression and resulted Ŷ = -327.15 + 5.557X. From the regretion equation data normality test by using liliefors test which resulted Lo < Lt (0,05 < 0, 137). It showed that the data had been normally distributed. For linearity regression test the result is Fh < Ft (1,99 < 2,15). So, it indicated that the data had been linear. While for the regression significant, the result is Fh > Ft (20,54 > 4, 08). It indicated that the data had been significant. The result of coefficient correlation test of product moment by Pearson is rxy = 0,582, it means there is a positive impact of the promotion toward the tradevolume. The calculation of t-test showed taccount > ttable 4,53 > 1,68. It showed a significance effect of the quality of the promotion toward the trade volume members at Furniture and Wood Industrial Cooperation (KIKM) in East Jakarta. And coefficiebt determination is 33,93%. It showed that 33,93% the trade volume is determined by quality promotion.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dra. Endang Sri Rahayu, M.Pd, 2) Dr. Saparuddin, S.E, M.Si, |
Subjects: | Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi Ilmu Sosial > Koperasi |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 29 Jun 2022 17:25 |
Last Modified: | 29 Jun 2022 17:25 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31049 |
Actions (login required)
View Item |