DIANIX ADE IRAWAN, . (2011) HUBUNGAN ANTARA KONDISI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMK NEGERI 46 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI DIANIX ADE IRAWAN.pdf Download (724kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara Kondisi Belajar dengan Hasil Belajar Akuntansi Siswa di SMK Negeri 46 Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan di daerah Jakarta Timur di SMK Negeri 46 Jakarta pada bulan Agusutus 2010. metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Negeri 46 Jakarta. Sedangkan populasi terjangkau adalah siswa kelas X Jurusan Akuntansi sebanyak 80 siswa. Sampel diambil sebanyak 65 siswa, yaitu diambil dari populasi terjangkau dengan kesalahan 5%. Tekhnik pengambilan sampel dengan tekhnik acak sederhana. Untuk menjaring data variabel X (kondisi Belajar) menggunakan metode survey berbentuk skala likert. Sebelum digunakan, dilakukan uji validitas untuk variabel X (kondisi Belajar), dari 50 butir pernyataan setelah divalidasi terdapat 10 butir pernyataan yang drop, yang memenuhi kriteria atau valid terdiri dari 40 butir pernyataan. Perhitungan reliabilitas X (Kondisi Belajar) menggunakan rumus Alpha Cronbach didapat sebesar 0.890; sedangkan data variabel Y (Hasil Belajar) diperoleh dari rata-rata nilai ulangan harian. Selanjutnya dilakukan pengujian hipotesis. Untuk uji keberartian regresi diperoleh F hitung (11.65) > F tabel (4.00). Ini menunjukkan bahwa regresi berarti. Sedangkan uji kelinearan regresi menghasilkan F hitung (1.12) < F tabel (1.84). ini berarti bahwa model regresi yang dipakai adalah linear. Untuk koefisien korelasi Product Moment menghasilkan r sebesar 0.359 kemudian dilanjutkan dengan uji signifikan koefisien korelasi dengan menggunakan uji-tmemperoleh t hitung sebesar 3.41 dan t tabel sebesar 1.67. Karena t hitung > t tabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara Kondisi Belajar dengan Hasil Belajar Akuntansi Siswa di SMK Negeri 46 Jakarta Timur.Untuk koefisien determinasi menghasilkan KD sebesar 15.61%. Ini menunjukkan bahwa hasil belajar ditentukan oleh Kondisi belajar sebesar 15.61%. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara kondisi belajar dengan hasil belajar siswa. The purpose of the study is to determine wether there is relationship between Learning Condition with Learning Result of Student Accounting in SMK 46 East Jakarta . Thus study was conducted in east Jakarta at SMKN 46 Jakarta in August 2010. The metodology used in thus survey with correlation approachment. The population of thisstudy is all student in SMKN 46 Jakarta. While the target of population is 80 studentsof class X accounting. The sample was collected from 65 students which werw takenfrom the target population with the mistake level reached 5%. To get the X variable (Learning Condition), survey method in the form of likert scale is used. Before using the method, validity test for X variable (Learning Condition) is done, for 50 statement which have been validated, there were 10 statement are dropped, while completed the criteria or valid are 40 statement. The counting of reability of X variable (Learning Condition) using the formula Alpha Cronbach got the result of 0.890; while the data of Y variable (Learning Result) was taken from the average raport marks from test. Next, Hypothesis test was done. From the regretion meaning test, it resulted F account (11.65) > F table (4.00). It show that the regretion has ameaning in the offer hand, the regretion linear the resulted F account (1.12) < F table (1.84). It means the regretion model that is used is linear. For the correlation coefficient of Product Moment, it resulted r 0.359, followed by the correlation coefficient significant test using t-test that resulted t account (4.22) >t table (1.67) it can be concluded that there is a positive relationship between Learning Condition with Learning Result of Student Accounting in SMKN 50 East Jakarta. For determination coefficient, it resulted KD for 15.61%. It show that the Learning Result is determined by Learning Condition which readed 15.61%. The conclusion of the study is there is a positive relationship between Learning Condition with Learning Result Students Acedemic Point.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dra. Sri Zulaihati, M.Si, 2) Yunika Murdayanti, M.Si, |
Subjects: | Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce > Akuntansi |
Divisions: | FE > S1 Akuntansi |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 29 Jun 2022 18:03 |
Last Modified: | 29 Jun 2022 18:03 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31054 |
Actions (login required)
View Item |