PERBEDAAN KONSEP DIRI AKADEMIK BERDASARKAN JENIS KELAMIN PADA SISWA/I SMA YASPEN TUGU IBU I DI DEPOK

DIYANTI LESTARI, . (2011) PERBEDAAN KONSEP DIRI AKADEMIK BERDASARKAN JENIS KELAMIN PADA SISWA/I SMA YASPEN TUGU IBU I DI DEPOK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
DIYANTI LESTARI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan konsep diri akademik berdasarkan jenis kelamin pada SMA Yaspen Tugu Ibu. Penelitian ini dilakukan selama dua bulan terhitung mulai bulan April sampai dengan bulan Mei 2011. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan kausal komparatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Yaspen Tugu Ibu yang berjumlah 710 orang dan populasi terjangkaunya adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 245 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak proporsional. Sampel penelitian ini diambil sebanyak 146 siswa dengan komposisi 70 siswa laki-laki dan 76 siswa perempuan. Data konsep diri akademik diperoleh dengan menggunakan instrumen berbentuk skala likert. Sebelum digunakan, dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas instrumen diperoleh sebesar 0,824. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua rata-rata (uji-t), uji persyaratan data dilakukan dengan uji normalitas data dengan uji liliefors, dan uji homogenitas data dengan uji F. Hasil normalitas data untuk data variabel X1 menghasilkan Lhitung (L0) = 0,038, dibandingkan dengan Ltabel (Lt) untuk n = 70 pada taraf signifikasi 0,05 yaitu 0,106 maka L0 (0,038) < Lt (0,106). Hal ini berarti data variabel X1 berdistribusi normal. Sedangkan, uji normalitas data untuk data variabel X2 menghasilkan Lhitung (L0) = 0,040, dibandingkan dengan Ltabel (Lt) untuk n = 76 pada taraf signifikasi 0,05 yaitu 0,102, maka L0 (0,040) < Lt (0,102). Hal ini berarti data variabel X2 berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas data adalah Ft(tabel) bernilai 1,04 dan Fo(hitung) = 1,53 maka Fo(hitung) < Ft(tabel). Hal ini berarti kedua data tersebut memiliki varians yang homogen. Selanjutnya dilakukan uji perbedaan 2 rata-rata dengan hasil thitung = 3,307, dibandingkan dengan ttabel yang bernilai 2,00, maka thitung (3,307) > ttabel (2,00). Hasil perhitungan tersebut dapat memberikan kesimpulan dari penelitian ini bahwa terdapat perbedaan konsep diri akademik berdasarkan jenis kelamin. The purpose of this research is to know more the different academic self concept based on sex at SMA Yaspen Tugu Ibu. The duration of this research is three month since April until Mei 2011. The method of research is survey method with comparative causal approach. The research population are students SMA Yaspen Tugu Ibu with total 710 students and achived population are entire students class X wuth total 245 students. Sampling method using Proporsional Random Sampling technic. Research sampling are 146 students with composition 70 male studenta and 76 female students. Collecting academic self concept data using instrument Likert scale. Before that it has validity test and reliability test using Alpha Cronbach formula. Reliability result is 0,824. Data analysis technic using t�test, data normality test by using Liliefors formula, and data homogeneity test with F-test. Data normality result for X1 variabel is Lcount(L0) = 0,038, and Ltable (Lt) for n = 70 in significant level 0,05 is 0,106, so L0 (0,038) < Lt (0,106) mean X1 has normal distribution. Data normality result for X2 variabel is Lcount (L0) = 0,040, and Ltable (Lt) for n = 76 in significant level 0,05 is 0,102, so L0 (0,040) < Lt (0,102) mean X2 has normal distribution. Homogeneity test result is Ft(table) = 1,53 and F0(count) = 2,00 so F0(count) > Ft(table). It is mean data have homogeny varians. Next research is doing t-test result, tcount = 3,307 and ttable = 2,00 so tcount (3,307)> ttable (2,00). The conclusion shown that research have the different academic self concept based on sex.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Roni Faslah, S.Pd, M.M 2) Umi Widiyastuti, S.E., M.E
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 29 Jun 2022 18:12
Last Modified: 29 Jun 2022 18:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31057

Actions (login required)

View Item View Item