HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 57 JAKARTA

ENDANG WIDIASTUTI, . (2011) HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 57 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
HUBUNGAN ANTARA DISIPLI BELAJAR DENGAN MOTIVASI BELAJAR.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara Disiplin Belajar Dengan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 57 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung sejak Bulan Oktober sampai dengan Desember 2010. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei melalui pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 57 Jakarta Barat. Teknik pengambilan sampel adalah teknik acak sederhana (simple random sampling) sebanyak 89 sampel. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data variabel X (Disiplin Belajar) diukur menggunakan skala Likert. Dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach diperoleh hasil reliabilitas variabel X sebesar 0,889. Hal ini membuktikan bahwa instrumen tersebut valid dan reliabel. Untuk variabel Y (Motivasi Belajar) diukur menggunakan skala Likert. Dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach diperoleh hasil reliabilitas variabel Y sebesar 0,756. Hal ini membuktikan bahwa instrumen tersebut valid dan reliabel. Teknik analisis data dimulai dengan mencari persamaan regresi sederhana dan diperoleh persamaan regresi Ŷ = 38,70 + 0,74X, sedangkan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors diperoleh Lhitung (0,0629) < Ltabel (0,0939), hal ini berarti sampel berasal dari populasi berdistribusi normal. Uji keberartian dan kelinearan regresi dengan menggunakan tabel Analisis Varians (ANAVA) diperoleh persamaan regresi Fhitung (154,68) > Ftabel (3,96) yang menyatakan regresi sangat berarti serta uji linearitas regresi yang menghasilkan Fhitung (0,87) < Ftabel (1,69) yang menunjukkan bahwa model regresi yang digunakan adalah linear. Uji hipotesis koefisien korelasi hubungan dilakukan dengan rumus Product Moment menghasilkan rxy sebesar 0,800, ini berarti hubungan antara kedua variabel tersebut kuat. Uji signifikasi dengan t hitung sebesar 12,437 dan t tabel sebesar 1,67. Karena thitung > ttabel, dari penelitian diatas maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Disiplin Belajar Dengan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 57 Jakarta Barat. Uji koefisien determinasi menghasilkan KD sebesar 0,6400. Hal ini berarti variasi variabel Y dipengaruhi oleh variabel X sebesar 64%. Maka dapat diambil kesimpulan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Disiplin Belajar Dengan Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Sri Zulaihati, M.Si., 2) M. Yasser Arafat, SE. MM,
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Akuntansi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 29 Jun 2022 20:19
Last Modified: 29 Jun 2022 20:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31064

Actions (login required)

View Item View Item