HUBUNGAN ANTARA GAYA MENGAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMK PGRI I JAKARTA

FANNY RIZKY AMELIA, . (2011) HUBUNGAN ANTARA GAYA MENGAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMK PGRI I JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
FANNY RIZKY AMELIA.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh suatu gambaran tentang seberapa besar hubungan antara gaya mengajar guru dengan hasil belajar siswa pada bidang studi Akuntansi, sekaligus untuk mengetahui gaya mengajar guru yang bagaimana yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Karena itu, yang menjadi objek penelitian ini adalah gaya mengajar guru sebagai variabel X dan hasil belajar siswa sebagai variabel Y. Adapun penelitian ini dilaksanakan di SMK PGRI 1 Jakarta yang beralamatkan di Jl. PLK II No.25 Kec. Makassar Jakarta Timur 12540. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional. Metode ini merupakan suatu metode yang datanya diperoleh dari responden berdasarkan fakta yang telah terjadi sebelumnya. Teknik yang dipergunakan penulis dalam rangka pengumpulan data adalah dengan kuesioner. Dalam penelitian ini, instrumen yang digunakan untuk mengetahui data hasil belajar siswa adalah data dokumenter, yaitu nilai rata-rata ulangan harian mata pelajaran akuntansi kelas X Ak 1, 2 dan 3 di semester genap. Sedangkan instrument yang digunakan untuk mengungkap variabel gaya mengajar guru adalah data primer. Dari hasil perhitungan uji koefisien korelasi diperoleh rhitung < rtabel (0.1719 < 0,220) sehingga hipotesis tidak dapat diterima. Dari rhitung yang diketahui yaitu 0.1719 menunjukkan bahwa gaya mengajar dengan hasil belajar memiliki hubungan yang positif namun lemah. Untuk uji t diperoleh thitung < ttabel (1,58 > 1.671) yang berarti bahwa terdapat hubungan tidak yang signifikan antara Gaya mengajar dengan hasil belajar siswa pada kelas X Akuntansi di SMK PGRI 1 Jakarta. Variasi atau kontribusi gaya mengajar terhadap hasil belajar siswa dari hasil uji koefisien determinasi diketahui sebesar 2,96%. Hal ini berarti bahwa Gaya mengajar guru hanya ikut menentukan meningkat atau menurunnya hasil belajar siswa sebesar 2,96%. Hal ini dikarenakan adanya faktor yang lain yang mungkin lebih cenderung sebagai penentu bagi peningkatan hasil belajar siswa. Maka berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa hasil pengujian hipotesis adalah linear dan tidak berarti. Artinya terdapat hubungan yang positif namun tidak signifikan antara gaya mengajar dengan hasil belajar siswa pada kelas X Akuntansi di SMK PGRI 1 Jakarta. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai masukan dan sumber-sumber informasi yang bermanfaat bagi semua pihak yang terkait dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan. The purpose of this research is to achieve an image on how effective a relationship between teacher’s Styles of teaching with the student’s learning result on the study of Accounting, while to find out which teaching Style could best affect and increase student’s learning result. Due to this matter, the object of this research is teacher’s Style of teaching as the X variable and the student’s learning result as the Y variable. The research is acted on SMK PGRI 1 Jakarta addressed on Jl. PLK II No. 25 Subdistrict of Makassar East Jakarta 12540. The method of this research is research of quantity. It uses surveying method with approach of correlation. The data is obtained from the respondents based on facts that have happened before. The technique that the author used in the process of data collection is questionnaire. The instrument used in order to find out the data of student’s learning results is documentary data, which is the average numbers of daily test on the study of Accounting in class X ak 1, 2 and 3 on whole semester, while the instrument used to unveil teacher’s Style of teaching variable is primary data. It was obtained from the calculation Correlation coefficient test is obtained rhitung < rtabel (0.1719 < 0,220) so hypothesis cannot be accepted. From rhitung was found that 0.1719 has shown that between teaching Style and learning result, there is positive relation but not strong enough relation. For the t test was found thitung < ttabel (1,58 > 1.671) which means that there is no significant relation between teaching Style and learning result of the students of class X on Accounting study SMK PGRI 1 Jakarta. The variation or contribution of teaching Style toward the learning result of students known from the result of determination coefficient test was 2,96%. This means that teacher’s Style of teaching only assists the increase or decrease of student’s learning result by 2,96%. This is due to the existence of other factor that might tend to be a decisive factor to the increase of student’s learning result. So based on the research that was done, it can be concluded that the hypothesis test result is not significant and is linear. This means that there is positive relation but not significance between teaching Style with the learning result of students of class X on Accounting study in SMK PGRI 1 Jakarta. By the result of this research, may it become an input and information sources that can offer benefits to every associated party in order to increase the quality of education.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Santi Susanti, S.Pd., M.Si 2) Dra. Leti Latifah
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Ilmu Sosial > Perdagangan > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Akuntansi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 29 Jun 2022 23:51
Last Modified: 29 Jun 2022 23:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31073

Actions (login required)

View Item View Item