TUGAS AKHIR KARYA ILMIAH PROSES HUMAS BADAN METEOROLOGI, KLIMATOLOGI, DAN GEOFISIKA (BMKG) DALAM MENGELOLA MEDIA SOSIALTWITTER @InfoHumasBMKG UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT

QONITA RAHMI PURNAMA PUTRI, . (2021) TUGAS AKHIR KARYA ILMIAH PROSES HUMAS BADAN METEOROLOGI, KLIMATOLOGI, DAN GEOFISIKA (BMKG) DALAM MENGELOLA MEDIA SOSIALTWITTER @InfoHumasBMKG UNTUK MENINGKATKAN ENGAGEMENT. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Qonita Rahmi P.P1408518025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Twitter adalah salah satu platform media sosial yang penyebaran informasinya sangat cepat dan real-time. Agar informasi tersebar dengan cepat, maka membutuhkan engagement yang tinggi. Engagement di twitter dapat berupa like, retweet, reply, dan fitur lainnya yang menunjukkan interaktivitas. Humas BMKG menggunakan twitter sebagai media komunikasi dengan publik dan memerlukan engagement tinggi untuk menyebarkan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengelolaan twitter @InfoHumasBMKG dalam meningkatkan engagement. Penulis menggunakan konsep teori four step PR process yang dikemukakan oleh Cutlip, Center, dan Broom. Four step PR process ini terdiri dari 4 tahapan, yaitu defining the problem, planning and programming, taking actions and communicating, dan evaluating. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dengan key informan Staff Pranata Humas BMKG, informan tambahan Kepala Sub Bag HPM Humas BMKG, dan informan tambahan followers twitter @InfoHumasBMKG, observasi participant, serta dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada tahap defining the problem, humas BMKG melakukan analisis situasi dengan riset dan analisis SWOT. Kemudian, pada tahap planning and programming, humas BMKG menyusun strategi dalam meningkatkan engagement yaitu pembuatan konten yang menarik, menghibur, informatif, dan edukatif. Pada tahap taking actions and communicating, implementasi strategi difokuskan pada 2 hal yaitu penggunaan bahasa dan desain visual. Selanjutnya, pada tahap evaluating humas BMKG melakukan evaluasi perbulan dengan menggunakan hasil media sosial monitoring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa humas BMKG melakukan 4 tahapan ketika mengelola twitternya dalam meningkatkan engagement. Strategi yang diterapkan oleh Humas BMKG cukup efektif karena terjadi peningkatan engagement, walaupun peningkatan tidak terjadi pada semua konten. Twitter is one of the social media platforms that spreads information very quickly and in real-time. In order for information to spread quickly, it requires high engagement. Engagement on Twitter can be in the form of likes, retweets, replies, and other features that show interactivity. BMKG’s Public Relations uses twitter as a medium of communication with the public and it requires high involvement to disseminate information. This study aims to determine the process of managing the @InfoHumasBMKG twitter to increase the engagement. In this study, the author uses the concept of the four-step PR process theory proposed by Cutlip, Center, and Broom. This four-step PR process consists of 4 stages, which is, defining the problem, planning and programming, taking actions and communicating, and evaluating. The approach used in this research is qualitative with descriptive method. Data was collected through in-depth interviews with key informant BMKG’s publlic relations officer, addtitional informant head of media and press relations, and followers of @InfoHumasBMKG, participant observations, and documentation. To analyze data, the author used the Miles and Huberman technique, which is, data reduction, data display, and drawing conclusions. At the stage of defining the problem, BMKG's public relations officer conducts a situation analysis with research and they do SWOT analysis. At the planning and programming stages, the BMKG’s public relations officers developed a strategy to increase engagement, which is creating the content interesting, entertaining, informative, and educational. At the stage of taking actions and communication, the implementation of the strategy involves 2 things, namely the use of language and visual design. Furthermore, at the public relations evaluation stage, BMKG conducts monthly evaluations using the social media monitoring results. The results of the research showed that BMKG’s public relations carried out 4 stages when managing their twitter to increasing engagement. The strategy implemented by BMKG’s Public Relations is quite effective because there is an increase in engagement, although it’s not increasing on all content.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1). Wina Puspita Sari, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Komunitas Sosial, Ras dan Kelompok
Divisions: FIS > D III Hubungan Masyarakat
Depositing User: Users 14626 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2022 05:00
Last Modified: 18 Jan 2024 23:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31080

Actions (login required)

View Item View Item