PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL KELOMPOK INVESTIGASI TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH PADA SISWA SMA NEGERI 57 JAKARTA

INDRIYANI, . (2011) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL KELOMPOK INVESTIGASI TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH PADA SISWA SMA NEGERI 57 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SEMUA BAB.pdf

Download (327kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (35kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (38kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (13kB)
[img] Text
LEMBAR MOTTO DAN PERSEMBAHAN.pdf

Download (58kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (35kB)
[img] Text
Daftar isi baru lagi.pdf

Download (39kB)
[img] Text
kata pengantar.pdf

Download (40kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh pendekatan kooperatif model kelompok investigasi terhadap hasil belajar sejarah pada siswa SMA. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 57 Jakarta selama dua bulan, mulai September hingga Oktober 2011. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain penelitian randomized control group only design. Populasi target penelitian ini adalah seluruh kelas IPS SMA Negeri 57 Jakarta, dengan populasi terjangkau penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Dari hasil random sampling diperoleh kelas eksperimen XI IPS 4 dan kelas kontrol XI IPS 3. Pengujian instrumen menggunakan rumus r Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Spearman-Brown. Setelah itu dilakukan pengujian persyaratan analisis dengan uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett. Pengujian validitas instrumen sebanyak 50 butir soal, diperoleh 35 soal yang valid. Dari perhitungan hasil uji reliabilitas didapatkan nilai rii = 0,919 yang berarti instrumen reliabel, dan dapat digunakan sebagai pengumpul data. Hasil pengujian persyaratan analisis dengan uji normalitas pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu (0,100 < 0,152) maka, data berdistribusi normal, dan pada kelas kontrol diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu (0,111 < 0,152) , maka data berdistribusi normal. Setelah itu dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan uji Bartlett, dan diperoleh χ 2 hitung < χ 2 tabel yaitu (1,130 < 3,84) maka, hipotesis H0 : µ1 > µ2 atau varians homogen diterima. Pengujian hipotesis menggunakan rumus uji t menghasilkan thitung 7,431 > ttabel 2,00 pada taraf kepercayaan 95 % (α = 0,05), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dari perhitungan dan pengajuan hipotesis dalam penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif model kelompok investigasi terhadap hasil belajar sejarah pada siswa SMA Negeri 57 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Corry Iriani. R, M. Pd 2) Drs. Djunaidi, M. Hum
Subjects: Ilmu Sejarah > Aneka Ragam Sejarah dan Teori Sejarah
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Jun 2022 04:16
Last Modified: 30 Jun 2022 04:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31111

Actions (login required)

View Item View Item