HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SMK BISNIS INDONESIA DI JAKARTA

GALUH PRATIWI, . (2011) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SMK BISNIS INDONESIA DI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
GALUH PRATWI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keeratan hubungan antara Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Prestasi Belajar Pada Siswa SMK Bisnis Indonesia di Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SMK Bisnis Indonesia di Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama lima bulan terhitung dari bulan Maret 2011 sampai Mei 2011 menggunakan metode survey melalui pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMK Bisnis Indonesia yang berjumlah 506 siswa. Sedangkan populasi terjangkau adalah siswa kelas XI dan XII yang berjumlah 334 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 174 siswa. Instrumen yang digunakan untuk variable X Tingkat Pendidikan Orang Tua diukur menggunakan skala ordinal yang diambil dari data dokumentasi berupa buku induk siswa yang kemudian dibagi menjadi tiga kategori yaitu dasar, menengah,dan tinggi. Untuk variable Y Prestasi Belajar diambil dari nilai rapor yang juga dibagi menjadi empat kategori yaitu Amat baik, baik, cukup dan kurang. Pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus distribusi Z melalui Transformasi Gamma, diperoleh Zo sebesar 3,76 kemudian dibandingkan dengan Zt sebesar 1,645 dengan demikian Zo (3,76) > Zt (1,645) maka Ho ditolak, hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara Status Sosial ekonomi dengan Prestasi Belajar. Dari hasil perhitungan diperoleh G = 0,56 termasuk dalam tingkat hubungan yang sedang. Hal ini menunjukkan tingkat pendidikan orang tua mempunyai hubungan signifikan dengan prestasi belajar siswa sebesar 0,56. Maka dapat diambil kesimpulan terdapat hubungan yang positif antara Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Prestasi Belajar. This study aims to determine the correlation between Parent’s Education Degree with Learning Achievement on Students SMK Bisnis Indonesia in Jakarta. This research was done in SMK Bisnis Indonesia in Jakarta for 5 months starting from March-May 2011. This study used a survey method through correlation approach. The study population was all students of SMK Bisnis Indonesia in Jakarta, amounting to 506 students. While the population is affordable XI and XII grade students numbering 334 students. Proportional sampling technique uses random sampling in order to obtain a sample of 174 students. Instruments used for the X variable Parent’s Education Degree was measured using ordinal scale data taken from student registration documentation of the book which is then divided into three categories : basic, intermediate, and high. For the variable Y Learning Achievement drawn from the report book which is also divided into four categories: Very good, good, sufficient and less. Testing the hypothesis by using the formula Z distribution through the transformation of gamma, obtained Zo of 3,76 compared with 1,645 for Zt thus zo (3,76) > Zt (1,645), then Ho is rejected, this suggests that there is a significant positive correlation between Sosio�economi Status with Learning Achievement. From the calculation, G = 0,56 included in the level of relationship is distinguished. This shows the parent’s education degree has a significant relationship with learning achievment. Then it can be concluded that a positive correlation exists between Parent’s Education Degree with Learning Achievement.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Roni Faslah, S.Pd, M.M 2) Umi Widyastuti, SE. M.E,
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Jun 2022 04:20
Last Modified: 30 Jun 2022 04:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31115

Actions (login required)

View Item View Item