PENGEMBANGAN GAME EDUKASI KETERAMPILAN MEMBACA UNTUK SISWA TK AISYIAH RAWAMANGUN

ARSI IMANDA PRASTIKA DEWI, . (2017) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI KETERAMPILAN MEMBACA UNTUK SISWA TK AISYIAH RAWAMANGUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi_Arsi Imanda Prastika Dewi_5235131575.pdf

Download (13MB)

Abstract

Membaca merupakan suatu keterampilan yang multak harus dimiliki oleh seorang anak sejak dini. Namun pada TK Aisyiyah Rawamangun terdapat masalah yang timbul yaitu masih sangat rendahnya keterampilan membaca pada siswa dan kurangnya media pembelajaran yang diberikan guru pada saat belajar keterampilan membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat media pembelajaran berbasis game edukasi yang dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak kelompok B TK Aisiyah Rawamangun. Game edukasi mengacu pada Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA). Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D), dan model pengembangan perangkat lunak yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Pengujian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pengujian kepada ahli materi, ahli media, pengujian kepada responden guru dan siswa, serta pengujian fungsional yang biasa disebut dengan Blackbox. Hasil yang didapatkan dari pengujian ahli materi, ahli perangkat lunak, dan pengujian kepada guru dan siswa termasuk dalam kategori sangat baik/sangat sesuai. Dan berdasarkan pengujian fungsional hasilnya adalah telah berfungsi sesuai dengan kebutuhan. Reading is a skill that must be owned by a child from an early age. However, in TK Aisyiyah Rawamangun there are problems that arise that is still very low reading skill in students and lack of instructional media given by teacher when studying reading skill. The purpose of this study is to make Educational games - based learning media that can improve reading ability in children group B TK Aisiyah Rawamangun. Educational games refer to Standard of Achievement Level of Child Development (STPPA). Research method used is Research and Development (R & D), and software development model used is Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Testing conducted in this study is testing to material experts, media experts, testing to the respondents teachers and students, as well as functional testing called Blackbox. The results obtained from testing of material experts, software experts, and testing to teachers and students are included in very good / very appropriate categories. And based on functional testing the result is already functioning as needed.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prasetyo Wibowo Yunanto, M.Eng 2) Drs. Bachren Zaini, M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Jun 2022 05:04
Last Modified: 30 Jun 2022 05:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31133

Actions (login required)

View Item View Item