HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN SOSIAL DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SMA NEGERI 82 JAKARTA

MAYA YULIARTA, . (2011) HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN SOSIAL DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DI SMA NEGERI 82 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI MAYA YULIARTA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara lingkungan sosial dengan kecerdasan emosional siswa di SMAN 82 Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SMAN 82 Jakarta yang beralamat di Jalan Daha II No.15 A, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dan waktu penelitian dilakukan selama satu bulan terhitung sejak bulan September sampai Oktober 2010. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah 99 siswa kelas XII IPS yang telah melaksanakan tes kecerdasan emosional (EQ) dan sempel yang digunakan adalah 75 siswa. Teknis analisis data menggunakan persamaan regresi linier sederhana dan dari hasil penelitian didapat hasil Ŷ = 79,20 + 0,197X. Untuk uji persyaratan analisis data yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors didapat Lo < Lt (0,101 < 0,1023). Hal itu berarti data berdistribusi normal. Pada uji kelinieran regresi didapat hasil Fhitung < Ftabel (-1,73 < 1,84) yang dapat disimpulkan bahwa model regresi berbentuk linier. Sedangkan untuk uji keberartian didapat Fhitung > Ftabel (4,86 > 3,98) yang menandakan bahwa persamaan regresi berarti (signifikan). Hasil uji koefisien korelasi dengan menggunakan product moment dari Pearson diperoleh nilai rxy = 0,250, hal ini berarti terdapat hubungan yang positif antara lingkungan sosial dengan kecerdasan emosional siswa. Dari perhitungan uji-t didapat thitung > ttabel, yaitu 2,21 > 1,67 yang menunjukkan adanya hubungan yang berarti (signifikan) antara variabel X (lingkungan sosial) dengan variabel Y (kecerdasan siswa). Hasil penelitian ini telah membuktikan adanya hubungan yang positif dan berarti (signifikan) antara lingkungan sosial dengan keceradasan emosional siswa. Hal ini berarti jika lingkungan sosial baik atau meningkat maka akan diikuti dengan kenaikan keceradasan emosional siswa tersebut. The purpose of this research is to get information about how far the relationship between social environment with student emotional qoutient in SMAN 82 South Jakarta. This research is conducted in SMAN 82 South Jakarta at Jl. Daha II No.15 A ,Kebayoran Baru,South Jakarta and has been done for one months since September until Oktober 2010. A survey method with a correlation approach. The attainable population in this research are 99 student in class XII IPS last executing of emotional quotient test which 75 student are taken as sample. The data analysis technique was started by finding the equation of the simple linear regression and resulted Ŷ = 79,20+ 0,197X. The analysis conditional test with liliefors test which resulted Lo < Lt (0,101 < 0,1023 ). It showed that the data had been normally distributed. For linearity regression test the result is Fh > Ft (- 1,73 < 1,84). So, it indicated that the data had been linear. While for the regression significant, the result is Fh > Ft (4,86 > 3,98). It indicated that the data is been significant. The result of coefficient correlation test of product moment by Pearson is rxy = 0,250, it’s mean there is a positive correlation between social environment with emotional quotient of student. The calculation of t-test showed taccount > ttable, (2,21 > 1,67). It showed a significance correlation between social environment with student emotional quotient. The result of this research proved the positive and significant correlation between social environment with student emotional quotient. It means that the increase of the social environment would follow the increase of student emotional quotient.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra.Sri Zulaihati, M.Si 2) Dra. Leti Latifah,MM
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Akuntansi
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Jun 2022 06:52
Last Modified: 30 Jun 2022 06:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31166

Actions (login required)

View Item View Item